Tren Kesehatan

Pengobatan dipadukan dengan wisata? Why Not!

27 May 2016 | 8:51 | tren-kesehatan

Konon, hati yang gembira adalah obat yang paling manjur. Merupakan hal yang penting bagi pasien untuk senantiasa merasa gembira dan tidak terbeban dengan penyakit yang sedang dideritanya, karena hal ini dipercaya dapat membantu mempercepat proses dan masa penyembuhan. Konsep inilah yang pada akhirnya menjadi dasar dari munculnya trend Medical Travel, program pengobatan yang dipadukan dengan wisata. Selain dapat menjalani pengobatan dengan lebih intensif, pasien juga dapat beristirahat dengan tenang. Pasien juga dapat menikmati paket wisata bersama keluarga untuk mengisi waktu saat menjalani pengobatan atau ketika dalam masa penyembuhan.

Saat ini, negara yang paling banyak menjadi tujuan Medical Travel pasien dari Indonesia biasanya adalah Singapura dan Malaysia. Karena selain dekat dengan Indonesia, ke-2 negara ini juga menyediakan Rumah Sakit dengan peralatan terlengkap, jajaran Dokter Ahli terbaik serta paket wisata menarik. Selain itu, Negeri Tirai Bambu (China) juga kini menjadi salah satu negara tujuan yang banyak dikunjungi oleh pasien-pasien dari Indonesia. Karena selain menawarkan pengobatan modern, China juga mengombinasikannya dengan pengobatan tradisional. Misalnya dengan akupuntur, terapi pijat, bekam, pengasapan, taichi, dan teknik khas China lainnya. Tentu saja program pengobatan ini juga disertai dengan paket wisata menarik yang ada di negeri tersebut.

Dengan semakin beragamnya negara tujuan Medical Travel, pasien dari Indonesia pun memiliki lebih banyak pilihan saat ingin menjalani pengobatan terhadap penyakitnya. Sayangnya, trend ini belum dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh pemerintah Indonesia. Misalnya dengan menjadikan Indonesia sebagai negara destinasi untuk program Medical Travel bagi pasien-pasien dari dalam negeri maupun dari manca negara. Padahal sebenarnya negara kita pun memiliki banyak RS terbaik dengan fasilitas yang lengkap serta tim Dokter Ahli yang juga berpengalaman di bidangnya. Yang tak kalah penting adalah Indonesia juga memiliki begitu banyak keindahan alam yang dapat menjadi salah satu faktor pendukung penyembuhan pasien. Sehingga pasien-pasien dari Indonesia sendiri pun tidak perlu jauh-jauh melakukan Medical Travel hingga ke negara tetangga. Jadi pengobatan dipadukan dengan wisata? Why Not!

Jika suatu saat Indonesia menjadi salah satu negara destinasi Medical Travel, apakah Anda akan tetap memilih untuk melakukan Medical Travel ke negara tetangga?

Reference:

http://www.rmol.co/read/2016/03/28/241099/Medical-Travel-Nge-trend,-Berobat-Sekalian-Jalan-jalan-

http://mutupelayanankesehatan.net/index.php/component/content/article/19-headline/150

 

 

Kembali ke Kategori Tren Kesehatan
Rate this article
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 4.67 out of 5)
Loading...