Tren Kesehatan

Meditasi, Pilihan Trend Gaya Hidup Kaum Urban

12 August 2016 | 11:32 | tren-kesehatan

Tekanan di dunia kerja, tekanan saat di jalan raya berupa kemacetan yang harus dihadapi setiap hari (khususnya untuk mereka yang tinggal di perkotaan/ urban), tekanan di dunia sosial ketika berhubungan dengan teman, sahabat maupun keluarga serta berbagai persoalan lain dalam hidup, merupakan hal-hal yang dapat mempengaruhi kesehatan pikiran dan jiwa dan pada akhirnya berimplikasi pada kesehatan tubuh. Bila dibiarkan terus menerus, berbagai tekanan ini akan seperti bom waktu yang sewaktu-waktu dapat meledak. Sehingga penting bagi kaum urban ini untuk menemukan solusi yang tepat dalam mengatasi berbagai tekanan tersebut.

Tidak mengherankan jika kini banyak kaum urban yang menyadari akan pentingnya keseimbangan pikiran dan jiwa serta pengaruhnya pada kesehatan tubuh, mulai banyak mengikuti kelas-kelas meditasi serta yoga yang dipercaya dapat membawa mereka pada ketenangan dan keseimbangan dalam hidup. Meditasi menjadi pilihan trend gaya hidup kaum urban dikarenakan dapat memperbaiki mood, meningkatkan konsentrasi, menghindarkan insomnia, meningkatkan kesadaran, melepaskan penat, dapat membuat kondisi jiwa menjadi lebih santai dan rileks, tidak mudah tegang dalam menghadapi situasi dan juga tidak mudah risau serta membuat jiwa dan pikiran menjadi lebih seimbang. Dengan tercapainya keseimbangan jiwa dan pikiran, pada akhirnya akan memberi dampak positif terhadap kesehatan fisik. Sehingga kondisi kesehatan tubuh pun menjadi lebih baik.

Mengingat keterbatasan waktu yang dimiliki oleh kaum urban, meditasi yang dilakukan oleh kelompok-kelompok dalam berbagai kelas meditasi ini umumnya tidak mengharuskan pesertanya untuk duduk diam dalam posisi bersila dengan mata terpejam selama waktu tertentu. Akan tetapi meditasi yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Misalnya saja dengan berjalan tanpa alas kaki dengan mengayunkannya secara perlahan dan meresapi kegiatan tersebut dengan sepenuh hati dan sepenuh pikiran. Ataupun melakukan meditasi dengan makan secara sadar, dalam arti meresapi rasa dan kegiatan makan tersebut dengan segenap pikiran tercurah pada kegiatan tersebut. Meditasi ala kaum urban ini dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Anda berminat mencobanya? J

Referensi:

http://samaggi-phala.or.id

http://www.mediaindonesia.com

 

Kembali ke Kategori Tren Kesehatan
Rate this article
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...