Penyakit

Apakah Gejala Flu Perlu Diobati?

2 September 2016 | 9:45 | penyakit

Mudahnya memperoleh obat flu yang mengklaim bisa mengatasi flu di masyarakat sering kali membuat salah kaprah di masyarakat. Sehingga muncul pemahaman yang kurang tepat bahwa setiap kali kita mengalami gejala influenza atau flu, langsung kita atasi dengan minum obat yang dijual bebas dipasaran. Umumnya obat flu tersebut mengandung zak aktif golongan antipiretik/analgesik, antitusif, ekspektoran, dekongestan, dan antihistamin yang hanya berfungsi untuk meredakan gejala flu dan bukan mengobati.
Karena berbagai gejala flu seperti hidung tersumbat, pusing serta demam ringan seperti itu tidak perlu minum obat karena flu atau influenza bisa digolongkan sebagai penyakit self limiting disease (penyakit yang akan sembuh dengan sendirinya) . Jadi jika tidak terjadi komplikasi dengan penyakit lain, penyakit flu dapat sembuh sendiri setelah 4-7 hari dengan atau tanpa minum obat. Jika masih gejala flu ringan, cara yang paling benar untuk mengatasi dan meringankan gejala flu yaitu dengan beristirahat yang cukup, banyak minum air putih dan mengurangi kegiatan fisik.
Untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh, konsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein tinggi serta konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C dan Magnesium. Jika sekiranya kebutuhan Magnesium harian tidak tercukupi, pastikan untuk mengonsumsi suplemen Theragran-M 1 kaplet setiap hari setelah makan. Theragran-M dengan kandungan Vitamin C dan Magnesium ini bermanfaat untuk membantu menjaga serta meningkatkan daya tahan tubuh di saat sakit dan di masa penyembuhan.
Akan tetapi meskipun influenza atau flu dapat sembuh dengan sendirinya, jangan pula gejala flu ini kita abaikan. Kita tetap harus waspada dan terus kita perhatikan gejalanya. Dalam beberapa kasus, influenza kadang dapat disertai infeksi bakteri. Gejala penyertanya antara lain: radang tenggorokan, lendir (ingus) berwarna kehijauan. Jika terdapat tanda-tanda tersebut saat sedang mengalami influenza, kemungkinan karena sudah terinfeksi bakteri atau sudah terjadi komplikasi dengan penyakit lain. Sehingga kita perlu pemeriksaan lebih lanjut oleh Dokter untuk pemberian obat antibiotik atau perawatan kesehatan lainnya.

Reference:
http://www.alodokter.com
http://webkesehatan.com

Kembali ke Kategori Penyakit
Rate this article
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...