Tips Sehat

Manfaat Tidur Tanpa Penerangan

30 September 2016 | 10:55 | tips-sehat

Tidur adalah aktifitas rutin yang harus dilakukan oleh setiap orang sebagai sarana untuk mengistirahatkan badan setelah seharian melakukan aktifitas. Tidur bisa dilakukan malam ataupun siang hari. Anak-anak biasanya melakukan tidur siang dan tidur di malam hari. Akan tetapi biasanya orang dewasa hanya melakukan tidur pada malam hari. Kurang tidur dapat menyebabkan gangguan kesehatan, tapi tidur berlebihan pun juga tidak baik bagi kesehatan.  Secara umum waktu ideal yang dibutuhkan untuk tidur adalah sekitar 7-8 jam buat orang dewasa dan kurang lebih 10 jam bagi anak-anak dan remaja.

Kebiasan tidur pun juga berbeda-beda bagi setiap orang. Ada orang-orang yang memilih tidur dalam keadaan gelap atau lampu dimatikan saat tidur pada malam hari. Ada juga orang-orang yang memilih tetap menyalakan lampu ketika tidur pada malam hari. Alasannya pun bisa bermacam macam. Orang yang suka mematikan lampu merasa lebih nyaman dan lebih nyenyak tidur dengan keadaan lampu mati. Sedangkan orang-orang yang memilih tetap menyalakan lampu ketika tidur malam, ada yang merasa takut dan karena tidak nyaman ketika berada dalam ruangan yang gelap.

Namun dari sisi kesehatan, salah satu yang paling penting adalah berhubungan dengan hormon melatonin yang merupakan salah satu hormon kekebalan tubuh. Hormon melatonin ini hanya diproduksi di malam hari saat kita tidur. Akan tetapi, hormon melatonin ini tidak akan diproduksi di dalam tubuh jika terdapat sinar atau cahaya. Maka dari itu, sebaiknya matikan lampu ketika tidur malam hari. Kondisi ruangan yang gelap total saat tidur malam dapat memberikan efek kesehatan yang bagus pada tubuh karena  produksi hormon melatonin terus berjalan.  Sehingga kekebalan dan daya tahan tubuh pun akan meningkat.

 

Reference:

http://www.detiksehat.com
http://www.everydayhealth.com

 

Kembali ke Kategori Tips Sehat
Rate this article
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...