Penyakit

Saat Demam, Kapan Perlu Ke Dokter?

7 October 2016 | 10:30 | penyakit

Suhu tubuh normal manusia umumnya berada pada kisaran 36.5 – 37.5 º Celsius. Namun suhu tubuh normal ini berubah sepanjang hari, di mana pagi hari sering menjadi suhu terendah tubuh. Namun suhu tubuh ini akan terus meningkat seiring aktivitas yang kita lakukan. Suhu tubuh yang terlalu rendah atau terlalu tinggi, sama bahayanya bagi tubuh dan dapat mengancam kesehatan jiwa seseorang. Suhu tubuh di bawah 35 º Celsius disebut Hipotermia, sedangkan suhu tubuh di atas 38.3 º Celsius di sebut Hipertermia. Namun Hipertermia berbeda dengan demam. Hipertermia merupakan suatu kondisi  meningkatnya suhu tubuh yang disebabkan oleh faktor dari luar tubuh, misalnya cuaca yang sangat panas dan tubuh gagal mendinginkan diri. Sedangkan demam merupakan kondisi yang sepenuhnya di atur oleh sistem pengaturan suhu tubuh. Seseorang dapat dikatakan demam bila suhu tubuhnya melampaui 37.5 º Celsius

Tidak hanya bayi dan anak-anak, orang dewasa juga dapat mengalami demam yang biasanya disertai dengan gejala flu. Sebenarnya demam merupakan pertanda yang bagus bahwa tubuh sedang berusaha melawan infeksi virus atau bakteri di dalam tubuh. Akan tetapi, kondisi demam memang sering membuat si penderita menjadi tidak nyaman.

Sebagai pertolongan pertama saat demam, lakukan hal-hal berikut ini:

  1. Tetap tenang
  2. Hindari pemakaian baju panjang dan tebal supaya suhu tubuh tidak semakin meninggi.
  3. Demam merupakan sinyal yang kuat dari tubuh bahwa tubuh sedang membutuhkan istirahat. Karenanya beristirahatlah dari aktivitas Anda untuk membantu mempercepat proses penyembuhan.
  4. Minum lebih banyak air putih, jus buah atau susu untuk mencegah dehidrasi akibat demam.
  5. Konsumsi makanan dan buah-buahan yang kaya vitamin C, misalnya buah semangka yang banyak mengandung air dan Vitamin C.
  6. Konsumsi obat penurun demam yang mengandung Parasetamol untuk membantu menurunkan demam dan tubuh merasa lebih nyaman.

Demam umumnya akan hilang sendiri dalam waktu 2-3 hari. Namun bila pertolongan pertama pada demam sudah dilakukan namun kondisi semakin memburuk, pertimbangkan untuk segera berkonsultasi atau mengunjungi Dokter.

Berikut ini adalah ciri-ciri yang tidak dapat kita abaikan mengenai kapan seseorang sebaiknya segera mengunjungi Dokter saat ia mengalami demam.

  • Kondisi demam yang tinggi dan berkepanjangan, di atas 39 º Celcius bagi orang dewasa memang merupakan tanda yang tidak dapat kita abaikan.
  • Gejala berlangsung lebih dari 10 hari dan semakin memburuk
  • Sesak nafas
  • Mengalami rasa sakit atau rasa seperti tertekan di bagian dada
  • Muntah-muntah
  • Pingsan atau seperti akan pingsan
  • Kebingungan atau disorientasi
  • Suara serak, sakit tenggorokan atau batuk yang tidak hilang lebih dari 10 hari

Dengan mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengunjungi Dokter saat mengalami demam, diharapkan kita dapat bertindak bijaksana dan melakukan penanganan yang tepat pada saat demam. Untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh di saat sakit dan di masa penyembuhan, pastikan Anda mengonsumsi suplemen Magnesium 1 kaplet setiap hari.

Reference:

http://www.emedicinehealth.com/fever_in_adults/article_em.htm

http://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/fever/in-depth/fever/art-20050997

Mineral resources International, Inc 2009. Mineral and Immune Function

 

Kembali ke Kategori Penyakit
Rate this article
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...