Penyakit

Bagaimana Meningkatkan Penyerapan Suplemen Magnesium Oleh Tubuh?

11 November 2016 | 5:20 | penyakit

Kita tentu sudah mengenal berbagai jenis mineral, salah satunya yaitu Magnesium. Mineral Magnesium merupakan salah satu dari 7 makro mineral esensial yang memiliki peran penting di dalam tubuh. Sehingga efeknya pun cukup fatal bila tubuh kita kekurangan Magnesium. Misalnya saja: Osteoporosis, kram otot, pembentukan batu ginjal, depresi, darah tinggi dan lain-lain.

Magnesium yang dilambangkan dengan Mg ini berperan penting dalam sistem enzim di dalam tubuh untuk berbagai fungsi penting, misalnya sintesa protein, relaksasi otot, fungsi syaraf, tekanan darah dan masih banyak lagi. Mineral Magnesium biasanya terdapat pada sayuran hijau (bayam), kacang-kacangan, alpukat, cokelat, gandum, apel, wortel, daging ayam, daging sapi dan lain-lain. Rata-rata kebutuhan Magnesium harian untuk orang dewasa yang dianjurkan adalah 350 mg/hari.

Tabel Kebutuhan Harian Magnesium Yang Dianjurkan

 

 

Namun sayangnya, mineral Magnesium dari makanan sering berkurang kadarnya akibat proses pemasakan. Sehingga asupan Magnesium dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari pun berkurang. Ditambah lagi dengan gaya hidup yang kurang sehat, misalnya kebiasaan mengonsumsi alkohol yang dapat menyebabkan penyerapan Magnesium oleh tubuh menjadi kurang maksimal.

Tanda-tanda bahwa seseorang kekurangan Magnesium, antara lain:

  • Kekurangan energi
  • Mudah gugup dan cemas
  • Sakit kepala
  • Mudah lelah
  • Otot tegang & kram
  • Insomnia

Untuk mencukupi kebutuhan Magnesium harian, banyak orang pada akhirnya mengonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan Magnesium harian. Lalu bagaimana caranya untuk meningkatkan penyerapan suplemen Magnesium oleh tubuh?

  • Kurangi konsumsi kopi, teh, alkohol dan soft drink
  • Kurangi asupan protein hewani dalam jumlah tinggi
  • Asupan serat yang cukup, memang baik untuk pencernaan. Namun diet tinggi serat dapat menurunkan penyerapan Magnesium oleh tubuh.
  • Kombinasikan konsumsi suplemen Magnesium dengan suplemen Vitamin D
  • Konsumsi suplemen Magnesium segera setelah makan, minimal 1 tablet setiap hari
  • Konsumsi lebih banyak makanan mentah (kacang-kacangan, sayuran)

Dengan penyerapan suplemen Magnesium yang maksimal oleh tubuh, diharapkan tubuh mendapat asupan Magnesium yang cukup untuk menghindari berbagai masalah kesehatan yang mungkin timbul disebabkan oleh kekurangan Magnaesium.

References:

http://saveourbones.com/what-you-should-and-shouldnt-do-to-get-maximum-magnesium-bioavailability/

http://www.webmd.com/diet/supplement-guide-magnesium#2

http://www.mindbodygreen.com/0-5534/6-Powerful-Ways-to-Boost-Your-Magnesium-Levels.html

 

Kembali ke Kategori Penyakit
Rate this article
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...