Tips Sehat

Coklat, Anti-Oksidan Untuk Meningkatkan Daya tahan Tubuh

25 November 2016 | 5:27 | tips-sehat

Selain dengan makan makanan dan minuman bergizi, istirahat yang cukup dan olah raga teratur, ada cara enak untuk menjaga daya tahan tubuh. Yaitu dengan rutin mengonsumsi cokelat setiap hari.  Si lezat yang disukai banyak orang ini, dulu sering dianggap sebagai “musuh” karena kandungan lemaknya yang tinggi.

Namun laporan dari National Institute of Food & Nutrition Research Itali menyebutkan bahwa cokelat, terutama Dark Chocolate, kaya akan anti-oksidan yang dapat menetralkan radikal bebas penyebab berbagai penyakit, misalnya kanker, serangan jantung dan lain-lain.

Tahukah Anda? Selain dapat membantu menenangkan pikiran, kandungan anti-oksidan dalam cokelat pun ternyata 20 x lebih banyak daripada blueberry dan 119 x lebih banyak daripada buah pisang. Kandungan anti-oksidan cokelat yaitu fenol dan flavonoid, anti-oksidan yang berperan penting untuk menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit. Sehingga dengan mengonsumsi coklat secara teratur, dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Selain itu, kandungan Theobromine dalam cokelat yang juga dijuluki sebagai “super food” ini juga membantu tubuh mengatasi berbagai gejala flu, misalnya batuk. Bahkan kandungan Theobromine nya mampu bekerja lebih baik menekan batuk daripada Kodein, bahan utama yang biasanya terdapat pada obat batuk. Namun tentu saja semua manfaat ini didapat bila kita tetap menjaga kadar gula dalam coklat tetap berada dalam batas minimum, misalnya dark chocolate ataupun cokelat bubuk.

 

Mengingat begitu banyaknya manfaat yang terdapat di dalam cokelat, pastikan untuk menjadikan cokelat sebagai bagian dari menu Anda sehari-hari. Misalnya dengan rutin mengonsumsi susu coklat di pagi hari. Apabila tubuh mulai merasa lesu dan kurang fit, menandakan bahwa daya tahan tubuh sedang menurun. Maka mengonsumsi coklat yang mengandung anti oksidan poten poly-fenol dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain itu jangan lupa untuk mengonsumsi makanan bergizi, istirahat teratur dan rutin berolahraga. Bila perlu konsumsi supplementasi multivitamin dan mineral lengkap setiap harinya.

 

 

References:

https://www.organicfacts.net/health-benefits/other/health-benefits-of-dark-chocolate.html

http://www.healwithfood.org/health-benefits/eating-dark-chocolate.php

The effect of cocoa in the immune system. Front Pharmacol. 2013; 4: 71. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3671179/

 

Kembali ke Kategori Tips Sehat
Rate this article
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...