Tips Sehat

Tetap Sehat Saat Liburan

24 December 2016 | 8:59 | tips-sehat

Setelah beraktivitas selama setahun, liburan bersama keluarga di penghujung tahun menjadi moment yang paling ditungu-tunggu. Sehingga berbagai persiapan pun dilakukan sejak jauh-jauh hari agar liburan menjadi lebih nyaman dan menyenangkan untuk semua anggota keluarga. Mulai dari memesan tiket perjalanan dan akomodasi di tempat wisata, hingga menyiapkan berbagai rencana tempat-tempat wisata yang ingin dikunjungi.

Mengingat aktivitas yang padat saat liburan, sudah semestinya kita senantiasa menjaga kesehatan. Sehingga liburan menjadi benar-benar menyenangkan. Namun sayangnya, kegembiraan saat menikmati liburan sering membuat seseorang lupa untuk menjaga kesehatannya. Misalnya saja kurang cukup beristirahat karena begitu banyaknya aktivitas yang dilakukan, makan tidak tepat waktu ataupun makan makanan yang kurang terjaga higienitasnya. Sehingga berbagai masalah penyakit, misalnya diare, ISPA (Infeksi Saluran Nafas Atas), mual, pusing, kelelahan pun datang menghampiri dan merusak keceriaan liburan. Karenanya, lakukan berbagai hal ini sebelum berlibur.

  1. Perkuat daya tahan tubuh

Memperkuat daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan mengonsumsi berbagai makanan yang mengandung Vitamin C, Zinc dan Magnesium yang terbukti dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Bila asupan makanan yang mengandung Vitamin C, Zinc dan Magnesium dirasa kurang, penuhi dengan mengonsumsi multivitamin dan mineral kompleks, minimal 1 kaplet setiap hari.

  1. Pastikan untuk selalu membawa dan menggunakan hand sanitizer.
  2. Hindari berada berdekatan dengan orang-orang yang sedang flu, pilek maupun batuk
  3. Siapkan berbagai cemilan sehat, misalnya buah atau snack oat
  4. Perbanyak minum air putih
  5. Perbanyak aktifitas berjalan kaki saat berwisata
  6. Usahakan untuk tetap istirahat yang cukup
  7. Hindari makanan terlalu pedas
  8. Bila bepergian ke luar negeri, cari tahu wabah penyakit di negara tujuan dan lakukan vaksinasi.
  9. Jangan lupa untuk selalu menyediakan vitamin dan obat-obatan.

So, stay healthy and Happy Holiday, Everyone! J

 

References:

http://www.cntraveler.com/stories/2014-10-28/travel-tips-how-to-stay-healthy-while-travelinghttp://www.besthealthmag.ca/best-you/life-and-work/5-tips-for-staying-healthy-while-travelling/

 

 

 

 

Kembali ke Kategori Tips Sehat
Rate this article
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...