Tips Sehat

Trend 2017, Hidup Lebih Sehat dengan Konsumsi Mineral

10 February 2017 | 9:10 | tips-sehat

Gaya hidup yang serba cepat, turut mengubah gaya makan seseorang. Pola makan 4 sehat 5 sempurna yang dulu menjadi acuan, kini lebih sering diabaikan. Di jaman dimana segala sesuatu berjalan dengan cepat ini, banyak orang pada akhirnya mengonsumsi berbagai makanan cepat saji (fast food) yang rendah kadar gizi dan nutrisinya. Sehingga kebutuhan harian akan nutrisi dan gizi yang seimbang pun tidak tercapai.

Untuk mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi harian serta mengingat begitu pentingnya peran vitamin bagi tubuh, lalu banyak orang yang mengambil jalan pintas, yaitu dengan mengonsumsi berbagai suplemen vitamin. Mulai dari suplemen vitamin untuk daya tahan tubuh, hingga suplemen untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Namun sayangnya, beberapa jenis vitamin dapat rusak karena panas, udara dan asam.

Sementara beberapa jenis vitamin yang larut dalam lemak, misalnya vitamin A, D, E dan K, akan tersimpan untuk jangka waktu lama di dalam tubuh. Sehingga bila ke-4 suplemen vitamin tersebut tidak dikonsumsi sesuai aturan, dapat meningkatkan kadar racun di dalam tubuh. Karenanya, penting bagi kita untuk mengonsumsi suplemen vitamin secara bijaksana dan sesuai aturan.

Selain mengonsumsi suplemen vitamin sesuai anjuran, tidak kalah penting adalah mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung mineral, misalnya Kalsium, Potasium, Sodium, Zinc, Magnesium dan lain-lain. Mengingat pentingnya fungsi berbagai mineral tersebut bagi tubuh, misalnya saja untuk kesehatan tulang, daya tahan tubuh dan lain-lain. Umumnya, makanan merupakan sumber vitamin dan mineral yang aman. Namun bila kebutuhan asupan mineral tidak dapat dipenuhi akibat dari pola makan yang kurang sehat, kita dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen mineral. Misalnya saja suplemen Magnesium untuk membantu menjaga daya tahan tubuh serta meningkatkan daya tahan tubuh di masa penyembuhan setelah sakit.

Namun pastikan untuk tidak mengonsumsi suplemen vitamin atau mineral lebih dari dosis yang dianjurkan. Karena terlalu banyak mengonsumsi salah satu suplemen mineral, dapat menyebabkan kekurangan mineral yang lain. Misalnya saja kelebihan mengonsumsi suplemen yang mengandung Mangan, dapat menyebabkan kekurangan zat besi yang tentu saja berpengaruh kepada tidak maksimalnya manfaat mineral tersebut bagi tubuh. Jadi, pastikan untuk kembali ke pola makan 4 Sehat 5 Sempurna dan konsumsi suplemen vitamin dan mineral sesuai dosis anjuran.

 

Reference:

https://www.helpguide.org/harvard/vitamins-and-minerals.htm

 

 

 

 

Kembali ke Kategori Tips Sehat
Rate this article
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...