Tips Sehat

Daya Tahan Tubuh Meningkat dengan Pola Tidur yang Tepat

20 February 2017 | 9:13 | tips-sehat

Cuaca yang tidak menentu dan perubahan cuaca yang ekstrim dari panas ke hujan atau sebaliknya, sering membuat seseorang mudah terserang penyakit, misalnya pilek dan flu. Karena itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga daya tahan tubuh.

Seperti kita ketahui, daya tahan tubuh seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu diantaranya adalah pola tidur. Pola tidur yang kurang tepat ataupun kurang tidur, sering diasosiasikan dengan masalah kesehatan fisik maupun kesehatan mental.

Karena saat kita kurang tidur, produksi T-Cells atau T-lymphocyte, sub tipe dari sel darah putih yang memiliki peranan penting bagi daya tahan tubuh, akan menurun. Sehingga daya tahan tubuh menjadi lemah dan tubuh pun menjadi lebih mudah terserang berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit.

Selain dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun, kurang tidur juga dapat menyebabkan seseorang lebih rentan mengalami kurangnya daya fokus dan perhatian, depresi serta berbagai penyakit lainnya, misalnya serangan jantung.

Untuk itu, pastikan agar kita cukup tidur dan menjalani pola tidur yang tepat. Lalu bagaimana sebenernya pola tidur yang tepat? Secara umum, waktu tidur malam yang di anjurkan sesuai rentang usia adalah sebagai berikut:

  • Usia 18-25 tahun: 7-9 jam
  • Usia 26-64 tahun: 7–9 jam
  • Di atas usia 65 tahun: 7-8 jam

Tips tidur tepat dan berkualitas:

  • Tidurlah di waktu yang sama setiap hari dan bangunlah di waktu yang sama
  • Matikan komputer, laptop, TV atau HP sebelum tidur
  • Hindari mengonsumsi susu coklat menjelnag tidur. Karena susu coklat dapat membuat Anda terjaga.

Dengan pola tidur yang tepat sesuai kebutuhan, daya tahan tubuh pun akan meningkat. Sehingga kita akan terhindar dari berbagai serangan virus dan bakteri penyebab penyakit.

References:

https://www.helpguide.org/articles/sleep/how-much-sleep-do-you-need.htm

http://www.webmd.com/sleep-disorders/features/immune-system-lack-of-sleep

 

Kembali ke Kategori Tips Sehat
Rate this article
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...