Tips Sehat

Tips Jitu Agar Tetap Sehat di 2018

8 January 2018 | 9:21 | tips-sehat

Selamat tahun baru 2018!

Dalam setiap pergantian tahun, setiap orang mengharapkan tahun yang akan datang akan lebih gemilang dibanding tahun-tahun sebelumnya. Umumnya, mereka memiliki berbagai resolusi untuk dicapai di tahun yang baru. Namun, seringkali resolusi tersebut terhambat karena berbagai factor, salah satunya factor kesehatan.

Memiliki tubuh sehat merupakan keinginan semua orang. Dengan tetap sehat, kita dapat menjalankan berbagai aktivitas dengan lancar. Dengan sehat pula, kita tidak perlu membuang waktu dan biaya untuk pengobatan. Lalu, bagaimana cara kita agar mampu menjaga daya tahan tubuh dan tidak gampang sakit?

Berikut ini beberapa tips jitu agar tubuh kita tetap sehat:

1.    Buat rencana diet sehat

Kebanyakan orang cenderung keliru dalam menerapkan program diet. Diet yang tepat adalah diet rendah karbohidrat dan kaya lemak. Perlu diketahui, asupan energy yang ideal untuk tubuh meliputi 70% lemak, 25% protein dan 5% karbohidrat. Perbanyak konsumsi lemak dan kurangi asupan nasi, kentang, roti dan lainnya untuk memenuhi program diet sehat.

2.    Lakukan olahraga

Idealnya, dalam seminggu seseorang menghabiskan waktu minimal 150 menit untuk berolahraga. Mulailah olahraga ringan di rumah. Lakukan jogging di sekitar area rumah anda. Anda dapat juga menaiki tangga, alih-alih naik lift ketika beraktivitas.

3.    Hindari merokok

Merokok dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti serangan jantung, stroke, kanker paru-paru, gangguan kehamilan, dan lainnya. Mulailah kurangi asupan rokok sejak dini untuk meningkatkan kualitas hidup anda.

4.    Jadwal tidur yang teratur

Waktu tidur yang teratur dapat meningkatkan kualitas hidup anda. Idealnya, seseorang membutuhkan 7-8 jam tidur agar dapat focus menjalani rutinitas harian dan tidak mudah lelah.

5.    Lakukan screening/medical check up

Seperti peribahasa “mencegah lebih baik dari mengobati”, melakukan medical check up sangat bermanfaat sebagai deteksi dini untuk mengetahui ada tidaknya masalah kesehatan

6.    Perbanyak sosialisasi

Bersosialisasi dapat membantu seseorang berbagi emosi dan pikiran mereka. Hal ini dapat menurunkan tingkat stress seseorang. Jadikan penambahan jumlah teman sebagai salah satu resolusi anda di 2018

7.    Pastikan asupan air terpenuhi

Pastikan pada tahun 2018 anda mulai minum jumlah air yang disarankan, minimal 2 liter per hari atau lebih

Reference:
https://www.praguepost.com/lifestyle/top-10-health-tips-for-2018

Kembali ke Kategori Tips Sehat
Rate this article
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...