Tips Sehat

10 Cara Tetap Sehat Saat Traveling

29 January 2018 | 3:05 | tips-sehat

Banyak orang menganggap traveling sebagai hobi. Ada pula yang melakukan travelling untuk keperluan pekerjaan. Apapun tujuannya, sangat penting untuk menjaga kesehatan saat Anda bepergian. Saat bepergian Anda akan lebih banyak bersentuhan dengan orang lain, dan dengan cuaca serta iklim yang berbeda. Anda juga dapat mengalami lelah dan kram setelah perjalanan selama berjam-jam. Sakit saat bepergian tidak hanya akan merusak perjalanan Anda, juga akan merusak pengalaman bagi orang-orang yang bepergian dengan Anda.

Berikut tip umum saat bepergian dibawah ini akan membantu Anda tetap bugar dan sehat saat bepergian.

1. Minum banyak air

Ingatlah untuk selalu minum air saat bepergian. Jangan pernah mengurangi asupan cairan Anda. Minum banyak air dan kurangi alkohol saat bepergian. Konsumsi kopi atau teh juga harus dijaga seminimal mungkin. Saat Anda terbang, pastikan untuk menghindari minuman berkafein karena dapat meningkatkan gejala jet lag.

2. Cuci / Bersihkan tangan Anda

Saat bepergian ke mana pun, cara terbaik untuk menjauhkan diri dari virus biasa dan banyak penyakit lainnya adalah dengan sering mencuci tangan. Seringkali tangan Anda bersentuhan dengan benda-benda asing di mana virus sering berada. Cukup menjaga tangan Anda bersih dapat menjadi bentuk pencegahan terhadap sakit.

3. Istirahat

Seringkali saat Anda bepergian Anda memasuki zona waktu yang berbeda dan Anda harus menyesuaikan jam biologis internal Anda. Rutinitas harian Anda akan berubah dan itu akan berpengaruh pada rutinitas umum Anda. Penting untuk tetap tidur 8 jam agar tubuh tetap fit.

4. Siapkan vitamin dan mineral

Di saat menghadapi perbedaan iklim dan cuaca, mengkonsumsi vitamin dan mineral yang cukup akan menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh anda. Selalu siapkan multivitamin anda sebelum bepergian. Theragran-M merupakan salah satu multivitamin dengan kandungan lengkap yang dapat menjadi pilihan anda.

5. Makanan Konservatif

Tidak ada yang mau sakit saat bepergian. Salah satu cara paling umum wisatawan terkena sakit adalah melalui keracunan makanan atau perut mereka tidak sesuai dengan makanan lokal. Saat bepergian ke luar negeri, di hari-hari pertama usahakan pilihlah makanan yang agak sesuai dengan makanan yang biasa anda konsumsi.

6. Latihan

Pesawat tidak memiliki gym on-board atau tempat untuk jalan di coridor. jadi penting untuk berolahraga sebanyak mungkin. Banyak hotel memiliki ruang latihan / gym. Juga, jika Anda bepergian ke tempat dengan iklim yang lebih hangat, mengapa tidak memanfaatkan cuaca dan berolahraga santai selama 30 menit? Agar tubuh anda tetap fit selama liburan.

7. Bawalah obat-obatan

Tip ini tidak boleh diabaikan. Apabila Anda sakit kepala atau sakit perut, Anda akan bersyukur Anda sudah mengemasi obat-obatan tersebut sebelum berangkat. Obat-obatan yang biasa anda konsumsi sebaiknya dibawa selama bepergian, untuk berjaga-jaga saat keadaan darurat.

8. Waspadai Alergi

Saat dalam penerbangan atau kapal pesiar, pastikan untuk mengingatkan staf tentang alergi Anda untuk menghindari masalah atau keadaan darurat yang tidak perlu. Tak perlu dikatakan lagi, hindari makanan yang bisa menyebabkan reaksi alergi.

9. Pakai Sun Protection

Sengatan sinar matahari yang buruk bisa merusak liburan atau perjalanan dengan sangat cepat. Anda harus selalu mengoleskan tabir surya saat Anda pergi ke pantai atau di suatu tempat bahwa Anda akan terkena banyak sinar matahari. Pertimbangkan juga membawa topi, pakaian lengan penuh, dan payung. Semua ini bisa melindungi Anda dari sinar UV yang berbahaya.

10. Lakukan pengenalan

Sebelum bepergian, carilah informasi mengenai tempat yang akan anda kunjungi. Sebaiknya anda mencari informasi mengenai makanan, budaya, keadaan iklim, dan berbagai kebiasaan setempat.  Pengetahuan yang cukup sebelum Anda pergi akan membantu Anda untuk mengetahui dan mempersiapkan diri untuk masalah potensial.

Kami harap ini bisa membantu!

Source:
https://bettervitamin.com/healthy-travel-tips/
https://www.ricksteves.com/travel-tips/health/staying-healthy

Kembali ke Kategori Tips Sehat
Rate this article
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...