Tren Kesehatan

Makanan Sehat 2018

29 January 2018 | 3:11 | tren-kesehatan

Food is about a lot more than just flavor and enjoyment. Apapun yang kita konsumsi hendaknya diperhatikan dengan baik karena akan memiliki efek yang besar terhadap kesehatan, performa, mood, dan pada akhirnya akan menentukan berapa lama kita akan hidup.

Tren makanan sehat terus berkembang dari tahun ke tahun mengikuti mode dan perkembangan ilmu nutrisi. Memasuki tahun 2018, berikut ini adalah beberapa jenis makanan sehat yang diperkirakan akan hits di tahun ini dan dapat membantu untuk menjaga tubuh kita agar senantiasa sehat sepanjang tahun.

1.    Poke bowl
Poke bowl merupakan sumber karbohidrat berupa nasi yang kemudian diberi topping sayuran, tahu, rumput laut, dan sebagainya. Anda juga bisa menambahkan ikan, daging atau lauk lainnya. Setelah itu, semua dapat diaduk dan poke bowl siap untuk disantap.

2.    Makanan fermentasi
Makanan berfermentasi juga akan mencuri perhatian di tahun 2018. Contohnya adalah yoghurt dan kimchi. Makanan ini baik untuk kesehatan karena makanan berfermentasi memiliki kandungan bakteri probiotik yang baik untuk mendukung kesehatan pencernaan

3.    Bunga yang dapat dimakan
Bunga tak hanya sedap dipandang, namun juga ternyata sedap dimakan. Itulah edible flowers. Anda bisa membelinya di toko makanan sehat atau bisa tanam sendiri. Anda dapat menaburkan edible flowers untuk poke bowl, steak, dan berbagai makanan lainnya.

4.    Bubuk superfood
Matcha, spirulina, kakao adalah beberapa contoh bubuk superfood yang diprediksi akan terus jadi tren di tahun 2018 ini. Anda akan dengan mudah menemukannya di rak-rak toko penjual makanan sehat.
Mengonsumsi bubuk superfood menjadi cara praktis namun tetap menyediakan gizi tinggi yang bermanfaat untuk kesehatan anda. Anda bisa menaburkan di atas smoothies, bubur, atau olahan makanan sehat lainnya.

5.    Jamur mewah
Jamur sudah sejak dahulu diketahui sebagai makanan sehat. Nah, konsumsi jamur yang itu-itu saja bisa jadi membosankan. Oleh karena itu banyak orang mulai melirik konsumsi jamur-jamur mewah seperti jamur portobello, jamur enoki, atau bahkan jamur truffle dan menambahkannya baik di sup,salad, atau bahan topping di poke bowl.

6.    Masakan Timur Tengah
Salah satunya yang cukup terkenal adalah hummus yang berguna sebagai pengganti karbohidrat sehat.

7.    Makanan organik
Makanan organik juga masih akan menghiasi tren makanan sehat 2018. Sebabnya banyak orang yang mulai perhatian dengan cara menanam, kondisi pertanian, hingga pekerja yang menanamnya. Restoran dan toko yang menjual makanan organik pun bertumbuh subur belakangan ini.

8.    Limbah dapur
Limbah dapur yang dimaksud disini seperti kulit bawang, batang brokoli, atau akar tanaman tertentu yang biasa dibuang ternyata bisa diolah menjadi masakan dengan nilai gizi tinggi. Salah satu contohnya adalah akar sayuran yang kemudian direbus untuk dijadikan sebagai kaldu sayuran.

Sudahkah anda mencobanya?

Source:
https://www.merdeka.com/sehat/10-makanan-sehat-yang-diperkirakan-akan-jadi-tren-di-tahun-2018-part-1.html
https://www.merdeka.com/sehat/10-makanan-sehat-yang-diperkirakan-akan-jadi-tren-di-tahun-2018-part-2/minuman-berkarbonasi.html
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20180116205737-255-269421/5-daftar-makanan-sehat-di-2018

Kembali ke Kategori Tren Kesehatan
Rate this article
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...