Tren Kesehatan

18 Trend Kesehatan 2018

4 March 2018 | 16:11 | tren-kesehatan

Aktivitas yang padat seringkali membuat kita mengabaikan factor kesehatan. Seringkali kita melupakan olahraga, pola makan tidak teratur, istirahat kurang dan lainnya. Hal ini tentunya akan mempengaruhi daya tahan tubuh seseorang. Asupan multivitamin dan mineral yang cukup dapat membantu menjaga daya tahan tubuh.

Berikut ini kami rangkum berbagai trend kesehatan yang popular di tahun 2018 ini, dan semoga dapat meningkatkan kualitas kesehatan anda di tengah aktivitas yang padat.

1. Digital detox
Jujur deh, terkadang terkoneksi ke dunia digital bikin Anda stres. Jadi, tidak heran kalau di tahun ini semakin banyak orang yang melakukan digital detox.

2. Minuman turmeric
Tahun ini turmeric alias kunyit bakal “naik pangkat” dan tidak hanya menjadi bahan masakan saja. Berkat manfaatnya untuk meredakan radang hingga kandungan antioksidan yang tinggi, kunyit juga akan jadi minuman populer. Misalnya saja, turmeric latte, turmeric tea, dan turmeric milk.

3. Flexitarian diet
Mirip dengan pola makan vegetarian, tapi flexitarian diet lebih fleksibel (dan, jujur saja, lebih mudah diikuti). Sama seperti vegetarian, menu makan para pengikut flextarian diet didominasi buah dan sayur. Hanya saja, mereka masih boleh makan daging meskipun hanya sesekali.

4. Elite endurance
Mengikuti endurance event a.k.a aktivitas olahraga yang menantang ketahanan otot tubuh juga akan jadi salah satu tren kesehatan di tahun 2018. Kompetisi seperti marathon, triathlon, hingga Tough Mudder, akan banjir peserta di tahun ini.

5. Hi-tech sports gear
Karena semakin banyak yang ikut endurance event, alat olahraga yang hi-tech pun akan semakin marak, mulai dari fitness tracker sampai smart wacth yang bisa mengukur performa Anda berolahraga. Semuanya tentu terintegrasi dengan smartphone supaya Anda bisa langsung posting foto hasil kalori yang berhasil dibakar ke media sosial. Perfect!

6. Meditasi
Nampaknya di tahun ini bukan kesehatan tubuh saja yang penting, kesehatan pikiran dan jiwa pun turut jadi perhatian. Jadi, jangan heran kalau tiba-tiba teman-teman mengajak Anda untuk “olahraga” meditasi.

7. Activated charcoal
Jangan pikir kalau arang hanya digunakan untuk membakar daging saat barbecue saja. Activated charcoal dan clay mulai jadi minuman detox yang populer di Instagram. Dan, sepertinya tren tersebut akan terus meningkat!

8. Bantal dan piyama “pintar”
Well, kesulitan tidur mungkin jadi masalah kesehatan paling umum era ini. So, bukan hal yang aneh kalau ada produsen yang menciptakan bantal yang disebut bisa membuat tidur lebih nyenyak dan piama yang terbuat dari bahan yang bisa menjaga temperatur tubuh saat tidur.

9. Sleepy lotion
Inovasi untuk menyembuhkan insomnia tidak hanya pada bantal dan piyama saja. Beberapa brand kecantikan juga sudah membuat body lotion dengan aroma yang menenangkan sehingga Anda merasa mengantuk dan ingin segera tidur.

10. Au naturale beauty
Produk kecantikan yang natural dan tidak mengandung bahan kimia sepertinya juga akan jadi tren kesehatan tahun 2018. Produk kecantikan ini dipercaya dapat merawat tubuh tanpa meninggalkan “jejak” kimia yang mungkin bisa menggangu kesehatan.

11. Bulletproof coffee
Kopi dengan campuran mentega dan coconut oil? Terdengar lezat dan kabar baiknya, lebih sehat dari kopi dengan campuran susu yang punya kandungan lemak. Jadi, tunggu saja si kopi mentega a.k.a bulletproof coffee mampir di coffeeshop favorit Anda.

12. Dry brushing
Sama seperti rambut, tubuh Anda juga perlu dirawat. Dry brushing adalah teknik menggosok bagian-bagian tubuh dengan menggunakan body brushdalam keadaan tubuh kering. Tentunya menggunakan brush yang berbahan alami.

13. Memelihara tanaman
Tanaman bukan cuma hiasan yang bisa mempercantik ruangan. Tapi, juga dipercaya bisa meningkatkan mood, menyaring polusi yang ada di udara, dan menghasilkan oksigen.

14. Minuman kolagen
Tidak hanya pada produk kecantikan saja yang mengandung kolagen, tetapi juga minuman. Minuman berkolagen disebut-sebut bisa menjaga kulit tetap kenyal, kencang, dan terhindar dari keriput.

15. Prebiotik
Ini adalah “sepupu” dari probiotik yang sudah lebih dikenal. Prebiotik adalah makanan yang bisa memicu pertumbuhan bakteri baik di usus. Yup, dengan mengonsumsi makanan prebiotik, seperti  pisang, bawang merah dan putih, asparagus, serta gandum, kesehatan pencernaan pun dapat terjaga.

16. Boot camp exercise
Olahraga grup yang memiliki variasi gerakan mulai dari kardio hingga strength ini sepertinya akan banyak digemari di tahun 2018.

17. Pylometric training
Olahraga yang juga akan jadi tren kesehatan tahu  2018 adalah pylometric training alias jumping training. Yup, olahraga ini memiliki banyak gerakan melompat dengan intensitas tinggi yang dapat mempercepat perkembangan otot dan daya tahan tubuh.

18. Body positive
Rasanya hashtag #bodypositive makin beredar di media sosial, terutama Instagram. Gerakan yang satu ini mengajak Anda untuk mencintai tubuh, entah itu keindahannya maupun hal yang dianggap sebagai kekurangan. Time to love yourself!

Source:
http://www.goodhousekeeping.com/health/wellness/news/g4912/health-trends-2018/
https://www.elle.com/culture/g14444727/health-wellness-trends-2017/

Kembali ke Kategori Tren Kesehatan
Rate this article
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...