Tips Sehat

Makanan Sehat Penunjang Diet

4 March 2018 | 16:06 | tips-sehat

Makanan yang sehat untuk tubuh adalah makanan yang memenuhi standar 4 sehat 5 sempurna. Nah tentu didalam kategori tersebut ada banyak makanan sehat untuk diet. Standar ini juga berlaku bagi anda yang sedang diet tapi dengan membatasi beberapa kandungan zat yang ada dalam makanan. Sehingga kelebihan lemak dalam tubuh bisa terbakar dan menjadi energi secara alami akibat kekurangan beberapa zat yang dibutuhkan untuk membakar kalori menjadi energi.
Berikut ini beberapa makanan yang dapat menjadi rekomendasi dalam menjalankan diet sehat:

Makanan dengan kadar karbohidrat rendah

1. Beras merah
Di dalam beras merah mengandung serat yang tinggi cocok untuk diet. Kandungan karbohidrat kompleksnya juga berbeda dengan beras putih. Karbohidrat kompleks yang terkandung di dalam beras merah membutuhkan waktu yang lebih lama merubah kalori menjadi energi ini menyebabkan kenyang lebih lama.

2. Gandum
Gandum sebagai sumber karbohidrat kompleks akan membuat anda merasa kenyang lebih lama. Sangat bagus untuk memperbaiki sitem metabolisme. Menurut salah satu penelitian gandum dapat mengontrol berat badan bila di konsumsi dalam jangka waktu yang panjang. Gandum juga ampuh memenuhi asupan gizi kamu yang lagi diet tanpa menaikan berat badan bila di konsumsi.

3. Singkong
Singkong adalah sumber karbohidrat cocok untuk diet. Kandungan serat dalam singkong akan membuat anda kenyang lebih lama dan memperlancar system pencernaan. Selain itu singkong juga untuk mengatasi berbagai penyakit seperti anemia, mencegah kangker, dan daunnya dapat mengatasi stroke.

4. Jagung
Karbohidrat yang dimiliki jagung cukup untuk memenuhi karbohidrat yang di butuhkan oleh tubuh. Rasa lapar akan hilang dan merasa kenyang lebih lama selain itu mengkonsumsi jagung dapat menurunkan berat badan, memperkuat tulang, menyehatkan otot, menjaga sistem syaraf, dan kesehatan otak.

5. Kentang
Untuk menu diet sebaiknya konsumsi kentang rebus atau kentang yang sudah diolah menjadi bubur agar kandungan gizi tidak berkurang. Manfaat lain dari mengkonsumsi kentang adalah mengurangi kadar korestrol, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah kanker, menguatkan tulang, menyehatkan jantung, dan memperkecil resiko terkena batu ginjal.

6. Karbohidrat lainnya (talas, ubi jalar, buah sukun, dan pasta)

Makanan sehat untuk diet kategori buah-buahan

1. Jeruk lemon
Untuk diet kita menggunakan perasan air jeruk lemon. Minum perasan jeruk lemon yang di campur dengan air hangat ketika pagi hari dipercaya oleh para ahli gizi dapat menurunkan berat badan secara nyata. Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon akan memicu reaksi kimia dalam tubuh yang dapat membakar lemak.

2. Pear
Kandungan serat dalam buah pear membuat kita merasa kenyang dalam waktu lama. Selain itu dapat menghambat penyerapan gula sehingga menjaga gula darah anda tetap stabil. Kadar kalori dalam buah pear sangat rendah sehingga cocok untuk diet.

3. Apel
Sama seperti pear, kandungan serat pada buah apel membuat kita merasa kenyang ketika sudah mengkonsumsinya. Sebaiknya pilih makan apel hijau ketika diet karena lebih tinggi serat dan tekstur buahnya yang halus. Kandungan air dalam buah ini akan membuat lambung anda menjadi lebih renggang sehingga tidak mudah lapar.

4. Alpukat
Makanan yang sehat untuk diet kategori buah buahan salah satunya adalah alpukat. Mengandung lemak baik, komsumsi buah ini ketika makan siang menurut parah ahli bisa menghilangkan lemak jenuh yang berada di dalam perut. Mengandung serat yang akan membuat tubuh menjadi tidak mudah lapar. Kadar gula yang ada pada alpukat lebih sedikit dibandingkan dengan buah lainnya sehingga anda tidak mudah gemuk.

5. Mangga
Kandungan zat dalam buah mangga dapat mencukupi energi yang di butuhkan oleh tubuh tanpa membuat anda menjadi gemuk. Kolestrol dalam tubuh juga dapat turun dengan menjadikan buah mangga sebagai menu tambahan ketika diet. Selain bermanfaat untuk diet kandungan buah mangga juga bermanfaat untuk kecantikan kulit.

6. Buah lainnya (papaya, pisang, blueberry, tomat, kelapa, bit)

Jenis sayur untuk diet
1. Brokoli
Sayuran ini merupakan sayuran utama yang harus dikonsumsi ketika diet karena dapat menurunkan kadar kolestrol  dan asam dalam  empedu akan keluar bila mengkonsumsi sayuran ini. Terdapat kandungan Indole-3-Carbinol dengan kadar yang tinggi yang mencegah tubuh kembali gemuk dan dapat membakar lemak dengan cepat.

2. Bayam
Sayuran kesukaan popeye ini selain bisa menguatkan otot tubuh juga bisa di gunakan sebagai menu diet anda. Kandungan antioksidannya dapat membantu melawan radikal bebas. Bagi anda yang sedang diet di sarankan memilih bayam karena menurut ahli gizi bayam dapat memenuhi nutrisi yang diperlukan tubuh ketika diet.

3. Asparagus
Kandungan folat yang tinggi dalam asparagus dapat menurunkan resistensi insulin pada tubuh. Gula darah pada tubuh akan mudah terbakar menjadi energi sehingga pembakaran lemak akan meningkat sewaktu kita memakan asparagus sebagai menu diet.

4. Kacang-kacangan
Jenis sayur seperti kacang panjang atau jenis kacang lainnya dapat membuat anda merasa kenyang lebih lama ketika melakukan diet karena zat tepung yang ada di dalam kacang akan diserap tubuh secara perlahan. Kandungan lemak tinggi protein dan rasa yang gurih akan menjadi manfaat tambahan utuk kesehatan anda yang sedang diet.

5. Buncis
Merupakan jenis polong-polongan yang mengandung serat tinggi sehingga melancarkan pencernaan anda yang sedang diet. Buncis juga dapat menurunkan kadar kolestrol jahat kandungan kalorinya yang rendah juga membuat buncis menjadi makanan sehat yang baik untuk tubuh.

6. Sayur lainnya (wortel, cabe, kubis)

Makanan sehat lainnya
Anda juga dapat mengkonsumsi makanan yang kaya protein berupa telur, salmon, tuna, dada ayam (tanpa kulit), daging merah tanpa lemak dan kerang tiram. Kandungan protein yang tinggi dapat menjaga daya tahan tubuh anda selama diet.

Source:
https://halosehat.com/makanan/makanan-sehat/makanan-untuk-diet
https://www.dokter.id/berita/8-jenis-makanan-sehat-penunjang-diet
https://dietsehat.co.id/makanan-sehat-untuk-diet

Kembali ke Kategori Tips Sehat
Rate this article
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...