5 Pilihan Ide Usaha Air Minum yang Menguntungkan

by -86 views
5 Pilihan Ide Usaha Air Minum yang Menguntungkan

Mungkin tidak semua orang memerlukan air untuk kebutuhan industri, tapi yang pasti setiap orang perlu memenuhi kebutuhan air minumnya sebanyak 2,5 liter setiap hari. Tingginya tingkat konsumsi air minum membuka peluang untuk ide usaha air minum, salah satunya Pabrik AMDK (Air Minum Dalam Kemasan). Berikut 5 pilihan ide usaha air minum, antara lain:

1. Agen Distributor Air Minum dalam Kemasan

Pilihan ide usaha air minum yang pertama adalah menjadi distributor air minum dalam kemasan. Saat ini banyak merek air minum kemasan yang beredar di pasaran. Pembaca bisa memilih salah satu merek dan mendaftarkan diri menjadi distributor atau agen resmi.

Dengan bergabung menjadi agen air minum kemasan tentunya pembaca akan mendapatkan keuntungan dari margin penjualan. Namun, sebelum mendaftarkan diri, pembaca tentunya perlu melakukan riset kecil untuk memilih merek mana yang kira-kira memiliki jangkauan pasar yang besar di lokasi pembaca. Selesai dengan riset, pembaca bisa menghubungi Pabrik AMDK dan mendaftarkan diri.

2. Depot Pengisian Air Isi Ulang

Ide usaha air minum berikutnya tidak jauh berbeda dengan ide usaha pada nomor di atas. Usaha ini juga menjual air mineral yang bisa dikonsumsi sehari-hari. Selain itu, pembaca yang ingin melakukan usaha ini juga perlu menghubungi atau bekerja sama dengan Pabrik AMDK.

Namun, yang membedakan disini adalah pembaca perlu memiliki mesin filter untuk melakukan pengisian air isi ulang. Ide usaha kedua ini adalah usaha depot pengisian air isi ulang. Bahkan dengan usaha ini pembaca tidak hanya bisa mendapat keuntungan dari menjual air minum. Pembaca juga bisa mendapat keuntungan dari menjual galon air yang bisa digunakan untuk mengisi ulang air.

3. Usaha Minuman Teh

Teh masih menjadi minuman favorit nomor satu di Indonesia. Minuman teh bisa ditemukan di hampir setiap tempat makan yang tersedia di negeri. Bukan hanya minuman teh yang dibuat dengan diseduh langsung, banyak juga minuman teh kemasan yang laku keras di pasaran.

Meskipun brand besar minuman teh sudah memenuhi pasar, pembaca tidak perlu khawatir. Pembaca justru bisa memanfaatkan ini sebagai peluang menjadi distributor usaha minuman teh. Brand teh tentunya tetap memerlukan distributor yang mampu menjangkau seluruh daerah di negeri. 

4. Usaha Minuman Olahan Susu

Pembaca tentu tidak bisa melupakan bahwa begitu banyak peternakan di seluruh daerah di Indonesia. Peternakan yang banyak ini menghasilkan berbagai hasil ternak yang salah satunya adalah susu. Susu yang merupakan salah satu menu dalam 4 sehat 5 sempurna rupanya juga bisa dikreasikan menjadi berbagai olahan.

Pembaca bisa mencoba ide usaha minuman hasil olahan dari susu. Usaha ini tidak mengharuskan pembaca untuk memiliki peternakan sendiri tentunya. Pembaca bisa mengambil susu dari peternak dan mengolahnya sendiri. Akan lebih menguntungkan jika pembaca bisa bekerja sama dengan peternak untuk mendapatkan harga yang fair.

5. Usaha Minuman Olahan Buah

Hampir sama dengan jenis ide usaha di atas, namun ide usaha kali ini bukan mengolah susu melainkan buah. Mulai dari buah semangka, rambutan, durian, apel, kelengkeng, dan masih banyak buah-buahan lainnya tumbuh subur di negara tropis ini. Buah-buah ini tidak hanya bisa dikonsumsi secara langsung. Pembaca juga bisa mengolah buah-buahan menjadi minuman segar.

Jus buah atau minuman sari buah yang segar akan menarik jika dikemas dengan apik. Terlebih lagi, saat ini gaya hidup sehat semakin diminati. Ini bisa menjadi potensi usaha minuman olahan buah. Tanpa memerlukan modal yang besar, cukup coba ide usaha ini dalam lingkup kecil di lokasi pembaca terlebih dahulu. Setelah berjalan konsisten, lakukan inovasi untuk mengembangkan usaha pembaca.

Semoga kelima ide usaha air minum kemasan di atas bisa membantu pembaca yang sedang memikirkan untuk memulai usaha atau bergabung kerja di Pabrik AMDK. Lakukan riset dan terus mencari inspirasi. Namun, perlu diingat bahwa ide usaha di atas hanya bisa berjalan apabila pembaca bersungguh-sungguh melakukannya dan tekun. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *