5 Spot Wisata di Waduk Jatigede Sumedang Yang Fotogenik

by -35 views
Puncak Damar Jatigede
Puncak Damar Jatigede

YES24.CO.ID – 5 Spot Wisata di Waduk Jatigede Sumedang Yang Fotogenik Waduk Jatigede yang ada di Kabupaten Sumedang memang saat ini menjadi salah satu waduk terbesar di dunia yang berubah menjadi salah satu destinasi wisata terkenal sampai saat tanah air dan luar negeri apalagi ternyata, di lokasi wisata Waduk Jatigede terdapat beberapa Spot atau Wahana lain yang bisa dikunjungi oleh para pengunjung yang pastinya tidak akan merasa bosan dikarenakan banyak tempat wisata di waduk Jatigede yang bisa dinikmati oleh siapapun yang berkunjung ke sini.

Wisata Waduk Jatigede bukan hanya sebagai pasokan air untuk pembangkit listrik tenaga air atau PLTA dan irigasi saja, akan tetapi di lokasi Waduk Jatigede Sumedang terdapat beberapa wilayah yang ternyata menjadi spot wisata yang sudah sangat terkenal sehingga hal ini dimanfaatkan oleh Pemkab setempat untuk menjadi lokasi objek wisata terutama bagi para pecinta wisata alam yang ingin Menikmati keindahan alam yang ada di Waduk Jatigede.

Sejarah Waduk Jatigede

Seperti dikutip dari laman Wikipedia, apabila Waduk Jatigede adalah salah satu waduk yang ada di Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat, di mana pembangunan waduk tersebut sudah lama direncanakan semenjak zaman Belanda dan waduk ini pun dibangun mulai tahun 2008 yang lalu ketika berada di bawah kepemimpinan Presiden SBY dan selanjutnya diresmikan di tahun 2015 dan dioperasikan di tahun 2017 oleh Presiden Jokowi.

Waduk Jatigede dibangun dengan membendung aliran Sungai Cimanuk yang ada di wilayah kecamatan Jatigede Sumedang, dengan kapasitas yang bisa menampung air mencapai 979,5 juta meter kubik dan waduk Jatigede menjadi waduk terbesar kedua di Indonesia dan di lokasi ini terdapat banyak sekali tempat wisata yang sangat kekinian dan fotogenik.

Lokasi waduk Jatigede

Waduk Jatigede sendiri adalah waduk terbesar kedua di Indonesia yang berada di kecamatan Jatigede, kabupaten Sumedang, jawa Barat.

Peta Google Map Jatigede

Untuk kalian semua para traveler yang ingin berkunjung ke lokasi Waduk Jatigede maka bisa melihat melalui Google Maps berikut ini supaya tidak tersesat.

Wisata di Waduk Jatigede

Untuk memanfaatkan potensi bendungan yang bukan hanya sebagai pasokan air untuk PLTA dan juga irigasi untuk persawahan, akan tetapi perum Perhutani Sumedang membangun beberapa lokasi wisata yang ada di area Waduk Jatigede dan sampai sekarang bisa dinikmati keindahannya oleh masyarakat khusus warga Sumedang dan Bandung, juga seluruh masyarakat yang ada di Indonesia dengan keindahan alam yang luar biasa dan pastinya setiap bulannya banyak sekali pengunjung yang menghabiskan waktu liburan di beberapa Spot yang ada di Waduk Jatigede.

Di bawah ini ada beberapa lokasi wisata di area Waduk Jatigede yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber di internet.

1. Wisata panenjoan Jatigede

panenjoan Jatigede
panenjoan Jatigede

Lokasi wisata ini, adalah salah satu tempat wisata yang berada di bagian timur Waduk Jatigede dan berada di kampung burujul, desa Jemah, Kecamatan Jatigede, kabupaten Sumedang, bandung Jawa Barat.

Ketika para pengunjung berada di lokasi ini maka para traveler bisa melihat bagaimana keindahan hamparan Waduk Jatigede tanpa ada penghalang apapun dan ketika para pengunjung berwisata ke lokasi ini maka sudah ada beberapa Gazebo yang bisa dipakai untuk duduk santai sambil menikmati suasana alam yang sangat eksotis.

2. Wisata Damar Jatigede

Puncak Damar Jatigede
Puncak Damar Jatigede

Puncak Damar Jatigede yang ada di Kabupaten Sumedang ini menjadi salah satu area yang dekat dengan Waduk Jatigede di lokasi ini traveler akan bisa menikmati beberapa Spot untuk berfoto selfie salah satunya adalah gardu pandang yang instagenic dan pastinya cocok bagi kalian yang suka berfoto selfie.

Puncak Damar Jatigede menjadi salah satu spot wisata yang direkomendasikan untuk Anda kunjungi apalagi untuk area wisata ini sangat terjaga dengan baik dan sepanjang jalan menuju area wisata terdapat banyak sekali Spot berfoto diantaranya payung warna warni yang sangat indah dan dijamin sangat instagramable.

3. Spot wisata Tegal jarong

Tegal jarong
Tegal jarong

Selanjutnya destinasi wisata yang ada di desa Cijeungjing yaitu wisata Tegal jarong Di mana lokasi wisata ini memberikan bagaimana keindahan pemandangan Waduk dari ketinggian dan ada beberapa spot wisata yang sangat instagramable yang bisa abadikan ketika berkunjung ke lokasi ini.

Apabila ingin mengelilingi area wisata di Tegal jarong, maka para pengunjung bisa menaiki rakit dan membayar hanya Rp10.000 dan kalian pun bisa mendapatkan foto-foto futuristik ketika berada di lokasi ini.

4. Wisata Tanjung Duriat

Tanjung Duriat
Tanjung Duriat

Masih berada di lokasi Waduk Jatigede salah satunya yang sangat terkenal adalah wisata Tanjung Duriat, dikarenakan di lokasi ini anda bisa menikmati sebuah bukit yang menjorok ke arah bendungan yang sangat indah dan foto jennie malahan lokasi wisata ini dikelola dengan baik dan harga tiket masuknya terbilang murah yaitu per orang hanya membayar Rp5.000.

5. Wisata Kampung buricak burinong

Kampung buricak burinong
Kampung buricak burinong

Selanjutnya lokasi wisata yang ada di Waduk Jatigede yang sudah tidak asing lagi bagi warga sekitar dan menjadi spot wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Waduk Jatigede yaitu kampung buricak burinong. Di lokasi ini para pengunjung bisa menikmati warna-warni setiap rumah penduduk yang memang sengaja didesain buricak burinong dengan berbagai warna yang sangat indah dan kekinian.