Apa Bedanya Wawancara Pertama dan Kedua? Simak Ulasannya Disini

by -56 views
Apa Bedanya Wawancara Pertama dan Kedua? Simak Ulasannya Disini

Untuk dapat diterima di suatu perusahaan, tentunya para pelamar harus melalui banyak tahapan. Mulai dari penyaringan berkas, interview, tes kemampuan dan medical check up. Interview atau wawancara sendiri terdiri dari 2 jenis yaitu wawancara pertama dan wawancara kedua. Apa bedanya wawancara pertama dan kedua? Simak penjelasannya berikut ini:

Wawancara Pertama

Masih banyak pelamar kerja yang belum terlalu mengerti tahapan dalam wawancara atau interview. Banyaknya proses wawancara tergantung dari perusahaan itu sendiri. Tetapi kebanyakan perusahaan melakukan 2 kali tahap wawancara. Simak penjelasan wawancara pertama dibawah ini:

1. Wawancara Dilakukan oleh Staff HRD

Wawancara yang pertama dilakukan oleh staff HRD. Tujuannya adalah untuk menilai kepribadian, kekurangan, kelebihan dan kemampuan untuk menjalankan posisi yang sedang dibuka. Pelamar akan memiliki peluang besar untuk masuk ke tahap selanjutnya jika dapat menjawab dengan baik dan jujur.

Supaya proses interview berjalan dengan lancar, pelamar harus mempersiapkan diri. Pahami diri sendiri dan pastikan menulis surat lamaran kerja dan riwayat hidup dengan jujur. Pasalnya HRD lebih menekankan pada penjelasan pelamar untuk menjelaskan tentang apa yang sudah ditulis di CV.

2. Poin yang Ditanyakan Seputar Pertanyaan Dasar

Dalam tahap ini, pihak HRD biasanya akan menanyakan seputar latar belakang dan kesesuaiannya dengan riwayat hidup yang dilampirkan di CV. Juga akan ditanyakan tentang aktivitas yang sedang dilakukan. Serta segala hal yang berkaitan dengan riwayat hidup yang ditulis oleh pelamar.

Pertanyaan lainnya yang biasa ditanyakan adalah perkenalan diri, pengalaman kerja, tujuan ke depan. Selain itu, kesanggupan dalam pekerjaan juga ditanyakan seperti ditempatkan di luar kota, dan tekanan saat bekerja. HRD juga menanyakan pengetahuan pelamar tentang perusahaan yang sedang dilamarnya.

Wawancara Kedua

Yang membedakan wawancara pertama dan kedua adalah terletak pada oleh siapa wawancara dilakukan dan pertanyaan apa yang ditanyakan. Wawancara kedua ini merupakan tahap yang paling menentukan untuk diterimanya bekerja. Berikut ini akan dibahas penjelasan tentang wawancara kedua:

1. Wawancara oleh User

Wawancara yang kedua dilakukan langsung oleh user atau calon atasan si pelamar kerja nantinya. Itulah apa bedanya wawancara pertama dan kedua dalam tahan rekrutmen. User umumnya dapat menjabat sebagai Supervisor, Asisten Manager, Manager atau dapat juga langsung oleh Direksi perusahaan.

Pada kebanyakan perusahaan, tahap ini merupakan tahap terakhir dalam proses rekrutmen karyawan khususnya untuk level staff. Jika pelamar lolos, maka dapat dipastikan pelamar diterima bekerja di perusahaan tersebut. Selanjutnya akan dipanggil untuk tanda tangan kontrak dan langsung bekerja.

2. Poin yang Ditanyakan Seputar Kemampuan dan Akademik

Karena user merupakan atasan pelamar nantinya, user tentu ingin mengetahui apakah pelamar cocok dengan kriteria teknis yang dibutuhkan. Karenanya pelamar perlu menyiapkan pengetahuan teknis mengenai jobdesk kerja. Pasalnya di tahap ini akan mengulas kemampuan teknis dan akademi pelamar.

Wawancara kerja dengan user akan berjalan lancar jika pelamar benar-benar memahami pengetahuan dan teknis posisi yang dilamar. Pertanyaan yang sering ditanyakan seperti pengetahuan pekerjaan, metode kerja, pengalaman kerja dll. Penyelesaian kasus juga biasanya ditanyakan dalam tahap ini.

Demikianlah jawaban dari pertanyaan apa bedanya wawancara pertama dan kedua. Semoga dapat sedikit membantu para pelamar kerja memahami tahap-tahap dalam proses rekrutmen. Dengan demikian pelamar dapat mempersiapkan diri untuk melewati setiap tahapnya hingga diterima bekerja.

No More Posts Available.

No more pages to load.