Asal Usul dan Cara Membuat Masakan Dorokdok Khas Garut

by -39 views
Dorokdok-IGdorokdokgurihgarut
Dorokdok-IGdorokdokgurihgarut

THERAGRAN.CO.ID – Asal Usul dan Cara Membuat Masakan Dorokdok Khas Garut Salah satu jenis masakan yang berasal dari kota Garut yang pastinya sedikit berbeda dengan beberapa jenis makanan lain adalah dorokdok khas Garut. Jenis kerupuk yang terbuat dari kulit sapi tersebut, merupakan salah satu jenis makanan yang memang sangat khas dan terkenal di kota Garut selain dodol Garut Yang pastinya lebih terkenal ke berbagai mancanegara termasuk di Indonesia. Tahukah Anda apabila dorokdok khas Garut, bukan hanya bisa dijadikan sebagai cemilan dan langsung dimakan, ternyata banyak jenis masakan yang dicampur dengan dorokdok Garut dan hasilnya sangat maknyus.

Dorokdok khas Garut adalah salah satu jenis makanan dan kuliner yang ada di Jawa Barat tepatnya di kota Garut dan nama yang diambil dari dorokdok yaitu dari suara yang dihasilkan ketika mengunyah makanan tersebut dikarenakan mempunyai suara dorokdok dorokdok sehingga disebutlah dorokdok Garut. Dari dulu sampai sekarang, walaupun jenis kerupuk dan makanan ini sudah ada di kota Garut, akan tetapi keberadaan dorokdok Garut masih terus dilestarikan sehingga sampai sekarang bagi wisatawan yang akan berkunjung ke kota Garut dan menikmati jenis makanan ini maka akan mudah untuk ditemukan.

Asal usul dorokdok Garut

Seperti dikutip dari laman Wikipedia apabila dorokdok diambil dari bahasa Sunda untuk kerupuk kulit yaitu salah satu nama nama dari panganan kering yang bisa menjadi cemilan ataupun menjadi lauk pauk untuk nasi dan juga hidangan sayur. Bentuknya kecil dan mirip dengan kerikil Karang laut dan juga ada yang sebesar kuku telunjuk sampai kuku jempol manusia dan dorokdok sendiri diambil dari nama ketika orang mengunyah nya karena mempunyai suara dorokdok dorokdok sehingga disebutlah dengan nama dorokdok sampai sekarang ini.

Walaupun dorokdok Garut terlihat mempunyai ukuran yang kecil akan tetapi menjadi salah satu kerupuk yang harganya lumayan mahal karena hampir kebanyakan terbuat dari sapi dan menjadi kerupuk yang menyehatkan untuk dikonsumsi.

Cara memasak dorokdok khas Garut

Di bawah ini adalah cara memasak dan cara membuat resep dorokdok khas Garut yang sangat enak dan juga gurih yang bisa kalian lakukan.

Bahan dorokdok

Langkah pertama yang harus kalian lakukan untuk membuat kerupuk kulit dorokdok yaitu membeli beberapa bahan di bawah ini diantaranya adalah sebagai berikut:

1 kg kulit sapi

  • Setengah ons garam
  • Jam bawang putih secukupnya
  • Seperempat ons gula
  • Air kapur secukupnya

Cara membuat dorokdok khas Garut

Apabila seluruh bahan anda beli dan kumpulkan, maka langkah selanjutnya yaitu membuat kerupuk kulit dorokdok khas Garut.

  1. Silakan bersihkan kulit sapi terlebih dahulu selanjutnya masukkan ke dalam air kapur dan rendam selama 2 hari
  2. Bersihkan bulu yang ada pada kulit sapi tersebut dengan cara dikerok memakai pisau sampai bersih
  3. Selanjutnya silakan bentangkan kulit sapi di bawah terik matahari secara langsung dan selanjutnya jemur sampai kering
  4. Lalu silakan potong kulit sapi yang sudah dijemur kering dan disisihkan dengan dipotong kotak kecil-kecil
  5. Ulek halus bawang putih selanjutnya tambahkan garam dan gula lalu sisihkan
  6. Rebus kulit sapi yang sudah dipotong-potong lalu tambahkan bumbu halus ke dalamnya aduk merata dan tunggu sampai matang lalu angkat dan tiriskan
  7. Silakan potong kulit sapi yang sudah direbus kembali lalu dijemur sampai kering
  8. Goreng potongan kulit sapi rebus yang sudah dijemur kering dengan memakai api kecil sampai Mekar lalu angkat dan tiriskan
  9. Selanjutnya goreng potongan kulit sapi yang sudah digoreng sampai mekar dan gunakanlah minyak yang lebih banyak lalu angkat dan tiriskan.
  10. Resep menu dorokdok khas Garut sudah selesai dan siap untuk dihidangkan.