Bawang Putih dan Manfaatnya bagi Kesehatan

by -42 views
Bawang Putih dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Selain digambarkan sebagai karakter yang baik hatinya dalam dongeng, bawang putih ternyata juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bawang dengan warna putih ini juga menjadi salah satu bahan masakan yang tidak pernah lewat untuk masakan Indonesia, bersama dengan bawang merah dan juga berbagai rempah lainnya. Berikut manfaat kesehatan yang bisa Anda rasakan.

  1. Meningkatkan Imunitas

Siapa sangka bila bawang putih ternyata dapat meningkatkan kekebalan tubuh Anda bisa sesederhana. Manfaat ini bisa Anda dapatkan dengan mengkonsumsi lebih banyak. Hal ini bukanlah mitos, namun sudah terbukti secara ilmiah melalui sebuah penelitian yang melibatkan 41.000 wanita paruh baya.

Wanita paruh baya yang rutin mengkonsumsi bawang putih, buah-buahan dan sayuran memiliki risiko kanker usus besar 35% lebih rendah. Namun yang perlu Anda ingat bahwa manfaat ini didapatkan dari bawang putih mentah dan dimasak, bukan yang sudah dijadikan sebagai suplemen.

  1. Bermanfaat Sebagai Anti-Inflamasi

Tidak hanya sekedar meningkatkan imunitas, bawang putih juga bisa dimanfaatkan sebagai zat anti inflamasi atau pembengkakan. Hal ini juga telah terbukti pada penelitian yang menunjukkan bahwa minyak yang diambil dapat bekerja sebagai anti-inflamasi. Ini bisa Anda manfaatkan ketika ANda memiliki sendi atau otot yang sakit dan meradang, gosok dengan minyak bawang tersebut.

Bahkan ada juga Yayasan Arthritis yang merekomendasikan pemanfaatan minyaknya untuk membantu mencegah kerusakan tulang rawan akibat radang sendi.

  1. Meningkatkan Kesehatan Kardiovaskula

Manfaat lainnya juga dibuktikan pada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa bawang putih dapat berdampak positif pada arteri dan tekanan darah Anda. Peneliti percaya sel darah merah mengubah belerang dalam bawang putih menjadi gas hidrogen sulfida yang memperluas pembuluh darah kita sehingga membuatnya lebih mudah untuk mengatur tekanan darah.

Kabar baiknya, beberapa dokter juga menyarankan Anda untuk mungkin bisa mengganti obat tekanan darah Anda dengan konsumsi bawang putih. Namun untuk hal ini sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda. Jika iya, maka Anda bisa menambahkan lebih banyak bawang putih ke dalam makanan Anda.

  1. Memberi Anda rambut dan kulit yang lebih baik

Bawang putih memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Antioksidan dan sifat antibakteri dari bawang putih dapat membersihkan kulit Anda dengan membunuh bakteri penyebab jerawat. Hal ini juga telah terbukti pada suatu studi yang menunjukkan menggosok bawang putih mentah di atas jerawat dapat menghilangkannya.

Meski memang bila kamu melakukan ini, Anda mungkin akan merasakan sensasi terbakar pada kulit Anda. Ada baiknya untuk mengkonsultasikan dengan dokter kulit Anda terlebih dahulu sebelum mengoleskan jerawat pada kulit Anda terutama jika Anda juga menggunakan produk kosmetik lain.

  1. Melindungi Makanan Anda

Sifat antibakteri yang sama dalam bawang putih segar dapat membunuh bakteri yang menyebabkan keracunan makanan, bahkan termasuk salmonella dan E.coli. Akan tetapi jangan gunakan bawang putih sebagai pengganti proses memasak makanan dan penanganan makanan yang tepat.

Itulah berbagai manfaat dari bawang putih untuk kesehatan Anda. Meski ada beberapa yang tidak dapat dirasakan secara langsung, namun hal tersebut sudah terbukti dari berbagai penelitian yang hasilnya bisa Anda cari. Yang terpenting, Anda membeli bawang putih yang berkualitas, tidak busuk dan juga memiliki buah yang besar.

Semoga artikel mengenai bawang putih ini bisa bermanfaat untuk Anda dan Anda bisa mempertimbangkan untuk selalu memasukkannya dalam daftar belanja Anda, baik belanja di pasar ataupun belanja online sekalipun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *