Begini Cara Memperbaiki Aki Mobil Yang Tekor dengan Mudah

by -131 views
Begini Cara Memperbaiki Aki Mobil Yang Tekor dengan Mudah

Aki atau disebut dengan ACCU merupakan bagian yang paling penting pada komponen mobil. Jika terjadi masalah pada aki maka pengemudi harus memahami cara memperbaiki aki mobil yang tekor. Pasalnya jika aki tekor akan berimbas ke banyak komponen mobil lainnya yang mana membutuhkan daya dari aki tersebut. Lalu bagaimana langkah yang mudah untuk bisa mengatasi ketika aki tekor?

1. Coba Matikan Seluruh Komponen yang Menghantarkan listrik

Untuk bisa mengatasi aki saat terjadi tekor, maka pengemudi bia memperhatikan komponen yang digunakan pada mobil. Pasalnya komponen yang mampu menghantarkan listrik di mobil ini akan menguras habis daya aki apalagi ketika aki mulai melemah.

Cobalah untuk hubungkan jumper positif atau kabel merah ke kutub aki positifnya, kemudian jumper negatif ke kutub yang negatifnya. Berikutnya memasangkan sisi yang satunya lagi pada mesin yang berbahan besi.

2. Membongkar Aki

Cara berikutnya yang bisa membantu untuk mengatasi aki tekor adalah dengan membongkar aki kemudian memperbaiki semuanya. Namun perlu diperhatikan ECU atau disebut dengan control unitnya merusak sistem kelistrikan pada mobi.

Untuk bisa membongkar aki dengan lancar maka dibutuhkan ketelitian dengan mengeluarkan aki dari mobil. Perhatikan setiap komponen yang tersambung dan lakukan secara tepat sebagaimana dijelaskan dalam situs Mobilku. Hal ini wajib dilakukan saat membongkar aki agar tidak berbahaya dan terkena risiko lainnya.

3. Menguras Cairan Aki Kemudian Tuangkan Air Panas

Langkah selanjutnya untuk cara memperbaiki aki mobil yang tekor adalah dengan menguras cairan aki kemudian tuang air panas. Lakukan pembersihan pada bagian aki terlebih dahulu kemudian kuras semua cairan yang ada di dalam tempat aki. Saat melakukan pengurasan harus hati-hati agar komponen lain terjaga tidak basah.

Setelah melakukan pengurasan maka pastikan aki kering terlebih dahulu. Kemudian cobalah untuk menuangkan air panas ke dalamnya agar makin bersih dan bisa jalan aktif lagi. Coba ulangi langkah yang dilakukan ini 2 sampai 4 kali hingga air dari aki terlihat jernih dan bersih.

4. Mengeringkan Aki dan Isi Air Zuur Kemudian Diamkan Seharian

Setelah dilakukan pembersihan maka tunggulah aki hingga benar-benar kering kemudian jangan lupa mengisi aki dengan air zuur. Air zuur ini maksudnya adalah air aki yang tadinya mengisi bagian aki agar bisa lancar dan mudah digunakan.

Berikutnya setelah melakukan pengisian air aki dan lakukan secara tepat maka tunggulah selama sehari penuh. Hal ini dilakukan agar nantinya bisa mengembalikan aki dalam kondisi prima dan tidak mengalami tekor. Namun perlu diperhatikan saat menggunakannya kembali, pasalnya bisa jadi setelah melakukan semuanya, aki digunakan dan tetap tekor.

Dengan memperhatikan cara memperbaiki aki mobil yang tekor maka penggunaan aki bisa diantisipasi lebih awal. Pemilik mobil juga bisa memulai dengan langkah mudah untuk mengatasi aki tanpa harus ganti aki. Pastikan semua komponen yang ada di mobil berfungsi baik dan aki juga bisa tetap lancar dijalankan.

No More Posts Available.

No more pages to load.