Cara Flash BIOS Benar dan Mudah Dipraktekkan Oleh Siapa Saja

by -302 views
cara flash bios laptop

Perlu dipahami bersama setiap komputer atau laptop memiliki sebuah sistem dasar yang sangat vital atau dikenal dengan BIOS. Dimana adanya BIOS berfungsi sebagai pengatur peran-peran lainnya yang ada di laptop. Maka dari itu, perlu adanya pembaharuan atau flash Bios. Berikut cara flash bios laptop yang mudah dipraktekkan siapa saja:

1. Melakukan Pengecekan Terhadap Versi BIOS yang digunakan

Hal pertama yang bisa dilakukan sebagai itu cara flash bios laptop adalah dengan masuk pada menu BIOS. Misalnya untuk laptop Asus bisa dengan menekan F2 lebih lama dari biasanya. Kemudian sistem akan mengarahkan pengguna ke tampilan utama yang berisi informasi terkait dengan tipe dan versi BIOS yang digunakan pada laptop tersebut.

2. Mengunjungi Situs Resmi Merk Laptop yang Digunakan

Setelah berhasil mendapatkan informasi terkait dengan versi BIOS yang ada di laptop, maka saatnya mencari info terbaru berkaitan dengan versi BIOS terbaru. Misalnya menggunakan laptop Asus maka bisa dengan mengunjungi situs resminya. Sedangkan untuk informasi berkaitan dengan teknologi lainnya bisa diakses di biggu.com.

Dan kemudian tulis serial number yang sebelumnya sudah didapatkan, tepatnya di bagian “search by product serial number”. Jika sudah maka akan muncul versi BIOS yang lebih update. Misalnya BIOS pengguna kode 309, kemudian dibagian tersebut ada yang lebih update yaitu 311 dan 315. Maka pengguna bisa download kedua file tersebut.

3. Menyimpan Hasil Ekstrak di Flashdisk

Untuk hasil download file update BIOS bisa diekstrak terlebih dahulu dengan ekstensi .rar. kemudian simpan di flashdisk. Jangan menyimpan file update BIOS ini langsung di perangkat laptop, pasalnya untuk menghindari jika terjadi kegagalan update.

4. Merestart Laptop

Setelah file update BIOS siap, maka selanjutnya adalah dengan restart terlebih dahulu perangkat laptop tersebut. Kemudian masuk lagi pada menu tampilan BIOS seperti langkah yang pertama tadi. Selanjutnya bisa klik bagian start easy flash (pada pengguna laptop Asus).

Bagian ini disesuaikan saja dengan perangkat yang digunakan. Selanjutnya flashdisk berisi file update BIOS bisa disambungkan ke perangkat. Kemudian bisa memilih file hasil download sebelumnya.

5. Melakukan Proses Update

Setelah itu, pengguna bisa mulai mengupdate versi BIOS dari kode yang terkecil. Proses ini akan berjalan otomatis namun membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kurang lebih hingga 10 menit. Setelah proses selesai otomatis perangkat yang digunakan akan ter- shutdown otomatis. Jika file update ada beberapa maka ulangi langkahnya satu persatu seperti tadi.

Perlu diketahui juga bahwa proses ini bisa saja mengalami kegagalan. Karena ada berbagai penyebab misalnya pengguna menggunakan laptop dengan baterai yang tidak cukup hingga proses selesai. Dan kedua bisa karena file update langsung diletakkan di memori internal laptop. Namun jika proses tetap gagal bisa segera membawa ke service laptop terdekat.

Demikian itu cara flash bios laptop yang bisa dipraktekkan pada beberapa merk laptop khususnya merk asus. Tidak hanya mudah untuk dipraktekkan secara mandiri, namun dalam proses ini pengguna juga harus menggunakan langkah yang tepat.

No More Posts Available.

No more pages to load.