Destinasi 4 Lokasi Wisata Pantai di Sukabumi Jawa Barat

by -42 views
Pantai Cimaja - IGnianurdiansyah
Pantai Cimaja - IGnianurdiansyah

YES24.CO.ID РDestinasi 4 Lokasi Wisata Pantai di Sukabumi Jawa Barat Kabupaten Sukabumi adalah salah satu kabupaten yang ada di Jawa Barat yang mempunyai beberapa lokasi wisata terutama wisata pantai dikarenakan Sukabumi yang mempunyai keindahan alam luar biasa terutama wisata pantai bisa menjadi salah satu kabupaten yang Anda kunjungi untuk melepaskan libur di beberapa pantai yang ada di kota tersebut. Pantai yang paling terkenal di Kota Sukabumi diantaranya adalah Pantai Ujung Genteng, pantai citepus, pantai Pelabuhan Ratu, dan pantai Cimaja.

Wisata pantai yang ada di Sukabumi memang Tidak diragukan lagi dikarenakan lokasinya yang terjangkau oleh kendaraan umum maupun kendaraan pribadi dan juga beberapa lokasi wisata pantai yang ada di Sukabumi tertata dengan rapi oleh Pemkab setempat, menjadikan beberapa lokasi wisata pantai yang ada di Kabupaten Sukabumi sangat digemari oleh wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Sehingga, kabupaten Sukabumi menjadi salah satu tujuan pantai yang ada di Jawa Barat.

Sejarah Kabupaten Sukabumi

Kota Sukabumi adalah salah satu kota yang ada di provinsi Jawa Barat dan menjadi salah satu kota dengan luas wilayah terkecil yang ada di Jawa Barat. Kota Sukabumi mengalami perkembangan pesat jika dibandingkan dengan daerah yang lain dimana pada awalnya Sukabumi adalah pemukiman penduduk bagian dari wilayah pemerintah District Goenoeng Parang, Onderafdeeling Tjiheulang yaitu bagian dari regerings Almanak di tahun 1872.

Malahan Kota Sukabumi mempunyai sejarah yang melekat dengan Hindia Belanda di mana nama Sukabumi pertama kali dipakai oleh Andreas christoffel Johanes De Wilde salah seorang ahli bedah dan administratur perkebunan kopi dan juga Teh yang berkebangsaan Belanda. Orang ini mengenalkan kota Sukabumi ke antero dunia sehingga sampai sekarang kota Sukabumi langsung menjadi kota yang terkenal

Kota Sukabumi pun menjadi salah satu kota pembukaan perkebunan di wilayah Priangan Barat ketika masa pemerintahan kolonial VOC dan menjadi lahan yang strategis untuk masalah perkebunan sehingga pada tanggal 1 April 1914 sukabumi menjadi kota tersendiri yang sangat terkenal sampai sekarang.

Wisata pantai di Sukabumi

Di bawah ini ada beberapa lokasi wisata pantai yang ada di Kota Sukabumi yang sangat terkenal dan patut untuk Anda kunjungi terutama bagi para pecinta pantai di Indonesia.

Pantai Ujung Genteng

Pantai Ujung Genteng - IGlusiana380
Pantai Ujung Genteng – IGlusiana380

Pantai pertama yang sangat terkenal di Kabupaten Sukabumi yaitu Pantai Ujung Genteng, dimana pantai ini mempunyai karakteristik pantai berpasir putih di mana para pengunjung bisa melihat banyak sekali jenis ikan, kepiting kecil, * laut, dan rumput laut yang tersebar di batu karang yang ada di sekitaran Pantai tersebut dan para pengunjung pun diperbolehkan untuk bermain air dan berenang di pesisir pantai.

Malahan di lokasi ini pun para pengunjung bisa melihat puing-puing Dermaga sisa peninggalan belanda ataupun para pengunjung bisa menaiki mercusuar dan berfoto selfie di beberapa lokasi spot wisata yang ada di Pantai Ujung Genteng.

Pantai citepus

Pantai citepus - IGbayudvm
Pantai citepus – IGbayudvm

Selanjutnya pantai kedua yang ada di Kota Sukabumi yang sangat terkenal yaitu pantai citepus, pantai ini menjadi salah satu pantai yang sangat eksotis dan indah di di Sukabumi namun ketika berkunjung ke sini maka para pengunjung harus waspada untuk berenang dikarenakan ada batas aman.

Di lokasi Pantai citepus para pengunjung pun bisa membeli makanan laut yang tersedia di beberapa warung yang ada di sekitar pantai ataupun membeli oleh-oleh cinta di toko suvenir dan di pantai citepus Anda bisa melihat Sunset yang sangat indah ataupun berkeliling di tepi pantai dengan Menikmati keindahan suasana yang sangat Asri.

Pantai Pelabuhan Ratu

Pantai Pelabuhan Ratu - IGbetrisa
Pantai Pelabuhan Ratu – IGbetrisa

Kabupaten Sukabumi memang paling terkenal dengan Pantai Pelabuhan Ratu dimana pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang paling terkenal di Sukabumi dikarenakan paling banyak dikunjungi wisatawan luar negeri dan dalam negeri. Pantai Pelabuhan Ratu mempunyai ombak besar dan berbahaya akan tetapi bagi para pecinta foto selfie, maka Pelabuhan Ratu menjadi salah satu Icon untuk dijadikan hasil jepretan yang sangat luar biasa dan sangat indah.

Malahan di tahun 1960, presiden Soekarno sempat berkunjung ke Pantai Pelabuhan Ratu dan di lokasi ini Presiden Soekarno pernah mendirikan tempat peristirahatan dirinya tepatnya di area Tenjo resmi yang berada di wilayah terdekat di pantai tersebut.

Pantai Cimaja

Pantai Cimaja - IGnianurdiansyah
Pantai Cimaja – IGnianurdiansyah

Selanjutnya pantai terakhir yang berada di Kabupaten Sukabumi tepatnya di desa Cimaja, kecamatan Cikakak, kabupaten Sukabumi, menjadi salah satu pantai yang paling difavoritkan oleh para peselancar dikarenakan kondisi ombak yang tinggi akan tetapi aman menjadikan salah satu pantai yang ada di Sukabumi ini memang sangat disukai wisatawan yang suka berselancar.

Bagi kalian yang ingin berkunjung ke pantai Cimaja maka harus menempuh perjalanan 120 km dari Jakarta atau untuk daerah Bandung sekitar 203 km dan pantai ini menjadi salah satu pantai eksotis di sukabumi.

Itulah penjelasan kami tentang tempat wisata pantai yang ada di Kabupaten Sukabumi yang memang menjadi salah satu pantai yang sangat terkenal dari dahulu sampai sekarang, malahan pantai ini menjadi salah satu pantai yang tidak lekang dimakan oleh waktu dikenakan para pengunjung sangat menyukainya.