Inilah Perbedaan Antara AC Single Split dengan AC Multi Split

by -73 views
Inilah Perbedaan Antara AC Single Split dengan AC Multi Split

AC atau air conditioner menjadi salah satu fasilitas wajib sebagai pendukung produktivitas di berbagai tempat. Mulai dari tempat privat seperti rumah, hingga fasilitas umum seperti kamar hotel, ruangan di perusahaan, ruangan sekolah, cafe, mall maupun perkantoran.

Selama ini, AC dikenal sebagai alat pendingin ruangan. Namun, manfaat AC lainnya adalah mengurangi risiko terkena gangguan pernapasan. Terlebih jika Anda tinggal di kawasan yang berdebu dan dengan tingkat polusi tinggi.

AC yang dilengkapi dengan penyaring udara dapat mencegah masuknya polusi ke dalam ruangan. Agar lebih aman, pastikan Anda selalu membersihkan AC secara rutin.

“Agar AC tahan lama dan berfungsi dengan baik, sebaiknya Anda selalu menjaga kebersihannya. Menjaga kebersihan AC juga bisa membantu mencegah datangnya suatu penyakit yang bisa menyebar melalui udara,” demikian ulasan di laman Alodokter.

Saat cuaca sedang sangat panas, akan terasa pentingnya memiliki AC di rumah. Nah, AC yang bagus sebenarnya tidak hanya mendinginkan satu ruangan saja, namun juga dapat mendinginkan suhu di seluruh rumah.

Apakah sebaiknya memilih AC single split atau AC Multi Split?  Mari kita simak perbedaannya.

AC Single Split

AC dengan sistem split atau single split lebih tepat digunakan untuk mendinginkan ruangan yang ada di rumah Anda secara terpisah. AC single split lebih cocok Anda gunakan untuk ruangan atau kamar yang berukuran lebih kecil atau tidak terlalu besar, seperti aula contohnya.

Sementara, AC model lain seperti AC Cassette lebih cocok digunakan untuk ruangan yang luasnya melebar ke samping, karena peletakan AC Cassette ini dilangit”, maka bisa diletakkan di tengah ruangan.

Secara sederhana, AC dengan sistem single split dirancang untuk setiap area di rumah Anda. Sebagai contoh, Anda mungkin hanya ingin memasang AC di kamar tidur, atau ruang tamu tempat Anda bersama keluarga untuk menikmati segala hiburan.

Pada sistem split, kompresor akan dipasang di luar rumah Anda. Sementara, unit AC yang mengalirkan udara ke ruangan di dalam rumah dipasang di dinding bagian dalam. Atau ada juga unit AC yang berdiri di lantai.

Ada dua kelebihan menggunakan AC dengan sistem single split. Pertama adalah sistem single split lebih hemat ketimbang jenis sistem pendingin udara lainnya. Pasalnya, Anda hanya harus membeli dan memasang satu unit pada satu waktu. Anda juga menggunakan energi lebih sedikit daripada sistem lainnya.

Lalu, keuntungan kedua adalah sistem split memudahkan Anda untuk memilih ruangan, mana saja yang ingin Anda pasangi AC sebagai pendingin. Karena sistem AC single split memang berfungsi khusus untuk mendinginkan ruangan di dalam rumah.

AC Multi Split

Sementara itu, sistem AC multi split paling cocok untuk pendinginan hingga maksimal 5 kamar. Kemudian, Anda juga bisa menggunakannya untuk rumah yang punya ruang terbatas untuk pendingin udara. AC jenis ini juga cocok digunakan jika Anda ingin mengatur suhu kamar secara individual.

Dalam setiap keluarga, pasti ada anggota keluarga yang lebih suka udara sedingin es, dan ada yang menyukai suhu ruangan agar lebih nyaman. AC multi split memudahkan Anda untuk menjalankan beberapa AC dengan satu kompresor luar saja.

Dengan demikian, Anda bisa lebih mengatur suhu di masing-masing ruangan kamar. Anda juga dapat memilih kamar mana dan jenis unit indoor apa yang cocok untuk tiap ruangan.

Ada tiga manfaat utama dari AC multi split. Yang pertama adalah sebagai solusi udara yang nyaman dan ekonomis. Pasalnya, AC multi split bisa menciptakan kenyamanan maksimal dengan biaya minimum. Sebab, Anda bisa mendinginkan kamar sesuai dengan kebutuhan.

Kedua adalah hanya dengan satu unit outdoor, Anda bisa memilih hingga 5 jenis unit indoor AC yang sesuai dengan interior kamar. Anda bisa memilih AC yang terpasang di dinding, atau yang modelnya berdiri di lantai.

Terakhir, adanya kontrol terpisah untuk masing-masing AC memungkinkan Anda untuk menyesuaikan dan mengendalikan suhu di tiap ruangan. Jadi, bisa disesuaikan dengan keinginan masing-masing penghuni ruangan.

No More Posts Available.

No more pages to load.