Ketahui Perbedaan Google Meet dan Zoom, Simak Sampai Tuntas!

by -465 views
Ketahui Perbedaan Google Meet dan Zoom Simak Sampai Tuntas!

Google Meet dan Zoom merupakan aplikasi yang biasa digunakan masyarakat Indonesia untuk bertemu secara online. Kedua aplikasi di atas memiliki fitur unggulannya masing-masing. Oleh karena itu, ada beberapa perbedaan Google Meet dan Zoom yang harus dipahami.

Penggunaan paling marak terhadap kedua aplikasi di atas terjadi khususnya di masa pandemi. Pada masa ini, interaksi manusia secara langsung dibatasi sehingga masyarakat banyak yang menggunakan Google Meet dan Zoom sebagai alternatif. Berikut merupakan perbedaan antara keduanya.

1. Kuota dalam Ruangan Meeting

Perbedaan Google Meet dan Zoom yang pertama adalah dari sisi peserta kuota. Pada Google Meet, batas tampung peserta adalah sebanyak 250 peserta. Terbatasnya jumlah peserta ini bertujuan untuk menciptakan suatu interaksi secara lebih privat.

Sedangkan pada Aplikasi Zoom, kuota yang dicapai menyentuh angka 500 hingga 1000 peserta. Tentunya hal ini menguntungkan, khususnya ketika akan mengadakan suatu pertemuan dengan jumlah audiens yang besar. Namun, untuk fitur kuota 500 peserta dapat diperoleh dengan mengambil paket premium.

2. Fitur Gratis atau non-Bayar

Google Meet memberikan fitur gratis dalam pelayanan waktu meeting dan penyimpanan file. Pengguna Google Meet dapat menyimpan video dengan batas maksimal 30 GB. Untuk durasi waktu, aplikasi ini memberikan layanan meeting selama satu jam atau 60 menit.

Sedangkan dari Zoom, penyimpanan file secara gratis yang bisa digunakan adalah 15 GB. Durasi yang disediakan pihak Zoom untuk menjalankan meeting hanya berkisar selama 40 menit saja. Dari poin ini Google Meet lebih diunggulkan.

3. Interface atau Tampilan Layar Meeting

Perbedaan selanjutnya adalah dari aspek tampilan meeting. Google Meet memiliki tampilan yang sedikit berantakan dan agak rumit. Namun, semua orang di meeting dapat tampil dalam satu layar. Peserta yang berbicara akan ditandai dengan ikon speaker yang muncul di videonya.

Berbeda dengan Google Meet, Zoom memiliki fitur yang lebih sederhana dan praktis. Memiliki tampilan rapi, aplikasi ini juga memiliki fitur tombol yang dapat diakses dalam satu layar. Selain itu, Zoom dapat dijalankan di berbagai sistem operasi sehingga memudahkan dalam penggunaannya.

4. Fitur Berbayar dan Biayanya

Bagi pengguna Google Meet dan Zoom dengan status ‘sultan’, bisa mencoba fitur premium yang ditawarkan. Google Meet memberikan harga 6$ atau 87 ribu untuk memperoleh G Suite. Fitur yang ditawarkan adalah kuota 250 peserta hingga penyimpanan cloud tak terbatas.

Sedangkan dari Zoom, biaya yang dikeluarkan mulai dari 14,99$ atau 150 ribu rupiah. Dengan harga yang tertera di atas, pengguna bisa mengakses beberapa fitur premium, seperti penyimpanan cloud 1 GB, akses 500 peserta dan fitur rekam meeting.

Demikian ulasan mengenai perbedaan Google Meet dan Zoom yang perlu masyarakat ketahui. Ulasan ini diharapkan dapat membantu dalam mempertimbangkan aplikasi mana yang akan digunakan. Untuk informasi lebih lengkap mengenai platform meeting dapat mengunjungi situs pascauinsuska.id

No More Posts Available.

No more pages to load.