Mengenal Cara Kerja Solar Panel Dan Komponen Di Dalamnya

by -321 views
Mengenal Cara Kerja Solar Panel Dan Komponen Di Dalamnya

Sebagai sumber energi alternatif, tenaga surya dirancang untuk menghasilkan listrik. Dalam sistem kerjanya, alat ini menggunakan prinsip efek photovoltaic Jadi penggunaannya memanfaatkan gunungan dua elektroda dengan sistem padatan atau cairan ketika mendapatkan energi cahaya. Seperti apa cara kerja solar panel dan komponen di dalamnya? Berikut ulasannya!

Mengulik Sistem Kerja Panel Surya

Panel surya akan bekerja secara optimal dengan membiarkan partikel cahaya atau foton. Kemudian menjatuhkan elektron bebas dari atom dan menghasilkan listrik. Cara kerjanya  sebenarnya didukung dengan banyak unik yang lebih kecil. Unit tersebut lebih dikenal sebagai sel fotovoltaik yang mengubah sinar matahari menjadi listrik

Setiap sel panel surya ini memiliki susunan berupa semikonduktor dengan bahan silikon yang digunakan dalam mikroelektronika. Untuk bekerja, sel fotovoltaik ini perlu membentuk medan listrik yang mirip dengan arus berlawanan. Sehingga dapat memberikan muatan listrik positif atau negatif pada susunan sel fotovoltaik.

Komponen Solar Panel

Untuk menghasilkan energi listrik sesuai dengan kebutuhan, maka diperlukan beberapa komponen di dalam solar panel. Salah Satunya dikenal dengan komponen Photovoltaic Module. Komponen ini termasuk perangkat semikonduktor yang berguna untuk mengubah energi atau panas matahari menjadi listrik.

Dalam cara kerja solar panel photovoltaic module terdiri dari polikristalin dan juga monokristalin. Keduanya sama sama memiliki efisiensi konversi rata rata antara 10 sampai dengan 12 %. Tak hanya itu saja, ada pula Hybrid Silicon PC modul yang dibekali dengan sensitivitas lebih baik. Angkanya bisa mencapai efisiensi paling tinggi sekitar 16 %.

Selanjutnya terdapat kontroler atau solar charge controller. Alat ini berfungsi untuk mencapai arus dan tegangan yang dikeluarkan fotovoltaik. Menariknya, kontroler juga berperan penting untuk mencegah baterai overload melalui proses discharge. Dalam penggunaan kontroler, maka Anda perlu memperhatikan volt dan amperenya.

Selain itu, energi listrik yang dihasilkan oleh sistem panel surya harus searah atau Direct Current. Sehingga, membutuhkan yang namanya komponen inverter. Alat ini juga dapat menyesuaikan tegangan listrik tergantung dari jumlah kebutuhan yang digunakan. Dengan begitu, Anda dapat menghemat biaya listrik bulanan.

Menariknya lagi cara kerja solar panel ini dilengkapi dengan baterai. Komponen ini akan bermanfaat pada malam hari atau saat cuaca sedang mendung. Baterai akan menyimpan energi listrik dan mengalirkannya saat dibutuhkan. Selain itu, cadangan energi ini akan memudahkan Anda saat tiba tiba mati lampu. Sebab, baterai akan menyuplai cadangan energi dengan baik.

Dewasa ini, penggunaan panel surya semakin digandrungi oleh banyak orang. Hal ini tak lepas dari manfaat yang bisa didapat karena ramah lingkungan dan menghemat listrik. Bagi Anda yang ingin mendapatkan kemudahan ini, maka bisa mengandalkan Sun Energy sebagai solusinya. Agar lebih detail, maka kunjungi website resminya pada SUNEnergy.id. s

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *