Penyebab Kenapa GBWhatsApp Tidak Ada Suara Notifikasi dan Solusinya

by -67 views
Penyebab Kenapa GBWhatsApp Tidak Ada Suara Notifikasi dan Solusinya

Umumnya, saat menerima pesan atau chat di GB WhatsApp akan ditandai dengan munculnya suara atau nada dering. Namun terkadang suara notifikasi tersebut tidak terdengar padahal ada pesan baru yang masuk. Lalu, apakah penyebab kenapa GBWhatsApp tidak ada suara notifikasi? Simak beberapa kemungkinan penyebab di bawah ini beserta solusinya:

1. Smartphone dalam Mode Diam (Silent)

Setiap smartphone dilengkapi dengan fitur pengaturan bunyi atau suara. Paling sedikitnya terdapat tiga mode pengaturan, yaitu dering, getar dan diam (silent). Pengaturan tersebut meliputi nada dering panggilan, pesan, dering notifikasi dan peringatan. Salah satu kemungkinan penyebab kenapa GBWhatsApp tidak ada suara notifikasi adalah perangkat diatur dalam mode diam (silent).

Langkah pertama untuk memastikan letak permasalahan GB WhatsApp tidak ada suara notifikasi adalah dengan memastikan smartphone dalam mode dering. Mode dering bisa diaktifkan dengan masuk pada pengaturan perangkat, pilih menu bagian bunyi dan getar. Kemudian aktifkan mode dering, atau menonaktifkan mode getar dan diam.

2. Pengaturan Notifikasi GBWhatsapp Tidak Aktif

Selain pengaturan suara pada perangkat, kemungkinan penyebab lain yang bisa terjadi adalah pengaturan notifikasi aplikasi sedang tidak aktif. Untuk itu, segera rubah dan aktifkan pengaturan suara notifikasi tersebut sesuai yang diinginkan. Langkah simple yang bisa dilakukan sebagai berikut:

  • Buka aplikasi GB WhatsApp pada perangkat yang mengalami masalah.
  • Klik pada ikon bergambar tiga titik di pojok kanan atas layar tampilan.
  • Pilih Setelan, kemudian Notifikasi dan berlanjut pada Nada Notifikasi.
  • Klik pada tab Pilih Suara kemudian pilih suara yang diinginkan.
  • Klik menu Centang untuk Apply perubahan.

Pengaturan suara notifikasi merupakan hal basic yang sangat diperlukan pada aplikasi chatting, dalam hal ini GB WhatsApp. Untuk menambah informasi dan pengetahuan tentang GB WhatsApp dan segala fiturnya bisa mengunjungi website bpbdkotabandarlampung.id. Terdapat banyak artikel yang bisa menjawab semua keingintahuan seputar aplikasi sosial media dan tips bermanfaat lainnya.

3. Memori RAM Penuh

Aplikasi smartphone saat digunakan akan menyimpan data pengguna secara otomatis dalam bentuk cache. File cache yang terkumpul dari seluruh kegiatan akan disimpan sementara pada RAM. Penumpukan file yang tidak dibersihkan akan menyebabkan memori RAM semakin habis. Akibat yang bisa timbul adalah semua jenis aplikasi terinstal beroperasi dengan kurang maksimal.

Salah satu tandanya adalah pengiriman dan penerimaan pesan terhambat, status menyambungkan, ataupun suara notifikasi GBWhatsApp yang tidak berbunyi. Cara mengatasi penyebab kenapa GBWhatsApp tidak ada suara notifikasi bisa dilakukan dengan menghapus file cache. Langkah-langkah yang bisa dilakukan sebagai berikut:

  • Buka menu Pengaturan Perangkat kemudian pilih Pengaturan Lainnya.
  • Klik pada pilihan menu Pengelola Aplikasi.
  • Cari dan temukan aplikasi GB WhatsApp.
  • Klik file aplikasi tersebut dan pilih Penyimpanan.
  • Klik pada tombol Bersihkan Cache (Clear cache).

4. Aplikasi GB WhatsApp Tidak Berjalan di Latar Belakang

Kemungkinan Penyebab lain yang membuat hilangnya suara notifikasi adalah aplikasi GB WhatsApp tidak berjalan di latar belakang. Permasalahan tidak hanya sebatas hilangnya suara notifikasi, terkadang pesan/chat tidak muncul saat aplikasi dibuka. Hal seperti ini bisa terjadi karena status ruang pada RAM sangat sedikit, dibawah 3 GB.

Solusi yang  untuk mengatasi hal tersebut yaitu menutup aplikasi yang tidak perlu di latar belakang. Ini bertujuan untuk mengurangi space memori yang terbuang dan mencegah terjadinya error pada aplikasi. Selain itu, permasalahan bisa muncul diakibatkan penggunaan mode hemat baterai. Menonaktifkan mode hemat baterai untuk memperlancar kinerja GB WhatsApp.

Secara umum, alasan kenapa GBWhatsApp tidak ada suara notifikasi bisa disebabkan oleh dua hal. Pengguna lupa melakukan pengaturan suara notifikasi atau aplikasi WhatsApp memang bermasalah. Ketahui penyebabnya terlebih dahulu untuk menemukan solusi terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *