Pinjaman Dana Tunai Cepat di Masa Pandemi

by -159 views
Pinjaman Dana Tunai Cepat di Masa Pandemi

Di masa pandemi ini banyak orang yang mengalami kesulitan ekonomi karena berbagai alasan terutama bagi mereka yang mengalami pemutusan kerja. Bantuan berupa dana tunai dengan proses yang cepat menjadi kebutuhan yang tidak terelakkan. Tentunya tidak semua pihak mendapatkan bantuan secara cuma-cuma. Pinjaman dengan jaminan pun menjadi hal yang sering dipilih untuk menangani kondisi tersebut. Tidak heran jika di masa pandemi ini  banyak pula rekomendasi pinjaman online dan konvensional yang ditawarkan.

Aset yang bisa dijaminkan beragam macamnya, dari BPKB kendaraan sampai sertifikat rumah. Pinjaman jaminan BPKB Mobil dan BPKB Motor menjadi pilihan yang sering dipilih untuk mendapatkan dana tunai secara cepat dan aman. Hanya dengan menjaminkan surat berharga kendaraan, Anda bisa mendapatkan dana yang dibutuhkan dalam hitungan hari, bahkan jam.

Sebelum Anda memilih perusahaan fintech yang menawarkan kemudahan pembiayaan pinjaman dengan jaminan, Anda perlu memahami produk pinjaman. Salah satu cara yaitu dgn membaca review-nya di situs finance seperti Disetujui.Id yang menyajikan informasi terkini fintech-fintect terkini.

Mengapa BPKB kendaraan sering dijadikan jaminan pinjaman?

Salah satu alasan mengapa BPKB kendaraan sering dijadikan pilihan sebagai jaminan karena proses dan prosedurnya lebih cepat dibandingkan produk pinjaman yang lain. Anda bisa mendapatkan pinjaman dalam hitungan hari bahkan jam dan dana pun sudah bisa langsung dicairkan.

Dimana Saya bisa mendapatkan pinjaman  dengan jaminan dana tunai dengan cepat?

Perusahaan Fintech yang menawarkan produk pinjaman dengan jaminan banyak macamnya, salah satunya adalah BFI Finance. PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN) merupakan perusahaan pembiayaan tertua di Indonesia. Lokasi kantor cabang BFI Finance mencakup semua provinsi di Indonesia kecuali Aceh.

Menurut Investor Daily Indonesia, di masa pandemic ini BFIN menunjukkan kinerja keuangan yang solid. Terbukti dengan kuatnya neraca perseroan dan dukungan tim manajemen yang baik. Lima kelebihan BFI dibandingkan dengan perusahaan lain yang diinformasikan oleh Trimegah Sekuritas adalah rasio utang yang rendah, pasar yang kuat pada pembiayaan beragunan, restrukturisasi kredit akibat Covid-19 relatif rendah, pembiayaan dengan prinsip kehati-hatian, dan BFIN merupakan perusahaan pembiayaan pertama yang memiliki platform P2P  (Peer to peer lending atau pinjam meminjam antar perseorangan).

Bagaimana proses pengajuannya?

Proses untuk mendapatkan pinjaman ini sangat mudah. Setelah Anda mengisi form di website BFI Finance, maka call center BFIN akan menghubungi Anda dan membuatkan jadwal survei. Kemudian data tersebut dikirim ke cabang terdekat dari domisili tempat Anda tinggal dan selanjutnya BFIN akan melakukan survei.

Beberapa dokumen yang perlu Anda siapkan ketika survei adalah fotokopi KTP, fotokopi bukti nikah atau minimal 21 tahun jika belum menikah, fotokopi KK, fotokopi rekening listrik 6 bulan terakhir, slip gaji/nota usaha, dan fotokopi STNK pajak dan BPKB.

Berapa nominal dan maksimal pengajuan dan bunga yang diberikan?

Nominal pinjaman yang bisa diperoleh dari jaminan BPKB motor adalah mulai dari 1 juta. Umumnya, dana pinjaman yang diperoleh bernilai 60 sampai 70% nilai kendaraan tersebut. Untuk jaminan BPKB mobil mulai dari 10 juta dengan batas maksimal disesuaikan dengan kondisi motor atau mobil yang dijaminkan.

Bunga yang ditawarkan mulai dari 0.95% flat per bulan untuk jaminan BPKB mobil, 2.25% flat per bulan untuk jaminan BPKB motor.

Siapa yang cocok mengajukan pinjaman dengan jaminan BPKB kendaraan?

Siapa saja yang memiliki aset jaminan BPKB kendaraan yang ingin mendapatkan pinjaman dana tunai dengan proses cepat.

Apa saja hal yang harus dipertimbangkan sebelum mengajukan pinjaman dengan jaminan?

  • Memahami persyaratan yang berlaku

Pahami persyaratan yang berlaku pada produk pinjaman pribadi online yang Anda pilih berupa bunga, tenor, hingga denda yang harus dibayar apabila Anda terlambat membayar pinjaman online ataupun konvensional dengan cicilan.

  • Mengajukan pinjaman sesuai kebutuhan dan kemampuan

Sebaiknya Anda melakukan simulasi pinjaman yang ada di website resmi fintech tujuan Anda. Hal ini dapat membantu Anda dalam mengestimasi jumlah dana yang harus dipinjam dan waktu untuk melunasinya. Anda harus mampu mengembalikan pinjaman dan jangan lupa hitung juga dana untuk pengeluaran yang lain terutama untuk kebutuhan Anda. Usahakan menggunakan dana pinjaman tersebut untuk sesuatu yang berguna, apalagi jika anda menggunakannya untuk modal usaha.

  • Pilihlan lembaga keuangan yang terpercaya

Pilihlah lembaga keuangan yang memiliki kredibilitas untuk menjaminkan aset Anda. Anda juga harus memastikan pinjaman online aman dan lembaga tersebut terdaftar di OJK sehingga Anda tenang.

Apa saja keuntungan pinjaman dengan jaminan?

  • Plafon pinjaman yang tinggi

Plafon atau limit pinjaman yang tinggi menjadi alasan banyak orang memilih jenis pinjaman ini. Adanya set jaminan membuat lembaga keuangan mengurangi resiko kerugian apabila nasabah terlambat bahkan gagal membayar pinjaman.

  • Tenor yang panjang

Tenor atau batas waktu pembayaran yang panjang menjadi kelebihan pinjaman tipe ini sehingga resiko kredit macet dapat Anda hindari. Umumnya tenor yang diberikan disesuaikan dengan aset jaminan, rerata antara 5 hingga 10 tahun.

  • Jumlah dana yang didapatkan lebih besar

Dana yang Anda dapatkan dari pinjaman ini senilai dengan aset yang Anda jaminkan sehingga jumlahnya pun lebih besar daripada KTA (kredit tanpa agunan).

Apa saja resiko pinjaman dengan jaminan?

Anda perlu mempertimbangkan resiko sebelum melakukan pinjaman dengan jaminan. Disamping keuntungan sebagai pinjaman bulanan yang mudah, pinjaman dengan jaminan ini memiliki resiko hilangnya aset Anda jika Anda gagal membayar pinjaman. Oleh sebab itu, pertimbangkan dengan matang berapa pinjaman yang Anda ajukan dan sesuaikan dengan kemampuan Anda dalam membayar pinjaman.

Proses yang diajukan pinjaman ini memang lebih lama dibandingkan KTA . Anda perlu menunggu jadwal survei dari lembaga yang Anda tuju. Lembaga keuangan tersebut harus memeriksa dengan teliti mengenai kesesuaian aset yang Anda miliki dengan jumlah pinjaman yang Anda ajukan juga kriteria dan persyaratan lainnya. Walaupun jika survei sudah dilakukan, uang pinjaman yang Anda peroleh bisa dicairkan dalam hitungan jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *