Tips Mendapatkan Beasiswa Jurusan Psikologi

by -259 views
Tips Mendapatkan Beasiswa Jurusan Psikologi
Sumber: efinancialcareers.co.uk

Jurusan psikologi termasuk jurusan favorit, dan termasuk juga ke dalam daftar jurusan dengan biaya yang tidak sedikit. Meskipun ada jurusan lain yang biayanya lebih mahal namun psikologi juga tidak bisa dikatakan sebagai jurusan dengan biaya yang murah. Bagi beberapa orang, masuk ke jurusan ini dengan biaya sendiri semudah menjentikan jari.

Namun, beberapa lagi perlu berjuang ekstra keras dan bahkan berada di titik sangat tidak mungkin untuk melanjutkan perjuangan. Bagaimana solusinya? Terkendala biaya saat melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan sudah dialami banyak orang. Ada banyak solusi mengatasinya, salah satunya adalah dengan mencari beasiswa.

 

Tips Mendapat Beasiswa untuk Masuk Jurusan Psikologi

Kamu yang memiliki mimpi menjadi mahasiswa psikologi dan kemudian tersendat masalah biaya. Maka bisa mencoba mendapatkan program beasiswa yang memberi sumber dana pendidikan. Berhubung peminatnya banyak maka persaingan untuk mendapatkannya dijamin susah. Simak tips berikut untuk memudahkan kamu mendapatkannya:

 

1. Rajin Mencari Informasi Beasiswa

Tips pertama untuk bisa meraih beasiswa masuk ke jurusan psikologi adalah dengan mencari informasi sebanyak mungkin. Kamu bisa mencoba bersahabat dengan internet, karena disinilah informasi mengenai program beasiswa bertebaran. Selama kamu rajin mencarinya maka dijamin akan menemukan program beasiswa yang ideal dan kriterianya bisa dipenuhi. Jadi, jangan malas mencari info beasiswa.

 

2. Berdiskusi dengan Guru

Informasi beasiswa tidak hanya bisa diperoleh dari internet namun juga bisa dari sekolah tempat kamu menimba ilmu. Biasanya pihak sekolah akan mendapatkan informasi pertama terkait program beasiswa untuk jenjang S1, salah satunya bisa mengantarkan kamu masuk jurusan psikologi.

Oleh sebab itu, penting sekali untuk berdiskusi dengan guru agar dihubungkan dengan petugas TU. Sehingga setiap kali ada informasi mengenai program beasiswa kamu bisa diberi tahu. Kamu pun perlu segera menyiapkan segala persyaratan untuk mengikuti seleksinya.

 

3. Mencari Tahu Jenis Beasiswa yang Tersedia

Beasiswa S1 untuk jurusan psikologi dijamin sangat banyak, sebab bisa disediakan oleh pihak kampus. Bisa pula dari pihak luar seperti perusahaan tertentu dan yayasan pendidikan tertentu. Selain itu, satu penyelenggara biasanya menyediakan beberapa pilihan program.

Sehingga tidak semua program beasiswa mensyaratkan prestasi akademik. Siapapun berkesempatan mendapatkannya, termasuk juga kamu. Kenali jenis beasiswa tersebut dan kemudian memilih salah satu yang dirasa kriterianya bisa dipenuhi. Langkah in memudahkan kamu untuk lolos seleksi, karena tahu apa saja yang perlu dipersiapkan.

 

4. Rajin Belajar, Berlatih, dan Berdoa

Meraih beasiswa di jurusan psikologi tentu tidak mudah, karena tidak akan ada yang menyia-nyiakan kesempatan kuliah gratis. Oleh sebab itu untuk memperbesar peluang meraih beasiswa ini, usahakan rajin belajar, berlatih, dan juga berdoa. Rajin belajar membantu kamu mematangkan materi sehingga bisa mengerjakan soal seleksi dengan lebih mudah.

Selain belajar secara teori, kamu juga perlu belajar dengan sistem latihan soal. Sehingga lebih siap dalam mengerjakan tes seleksi beasiswa. Tidak ketinggalan juga, kamu perlu berdoa agar diberi kemudahan dan memperoleh keberuntungan.

 

5. Menyiapkan CV dan Portofolio

Persiapan berikutnya untuk memperbesar peluang mendapatkan beasiswa di jurusan psikologi adalah menyiapkan CV dan portofolio. CV atau curriculum vitae akan menjadi modal untuk lolos seleksi, khususnya wawancara.

Sebab disinilah pihak penyelenggara beasiswa menilai apakah kamu layak atau tidak menjadi penerima beasiswa. Oleh sebab itu siapkan CV sebaik mungkin dan cantumkan segala bentuk prestasi yang pernah diraih.

 

Meraih beasiswa untuk masuk ke jurusan psikologi dijamin menjadi prestasi membanggakan. Memperbesar peluang meraihnya, silahkan menerapkan sejumlah tips yang diuraikan di atas. Selain itu bekali diri dengan segala hal terkait jurusan psikologi, kamu bisa mendapatkannya lewat situs ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *