Sebelum Mulai Berkreasi, Yuk Intip Tips Menggunakan Aplikasi Edit Foto Di Ponsel

by -25 views
Aplikasi Edit Foto Di Ponsel

Tak hanya memerlukan keahlian fotografi saja, teknik editing gambar juga diperlukan untuk menunjang tampilan gambar agar terlihat menarik. Meskipun kini telah tersedia banyak jenisnya, dalam menggunakan aplikasi pengolah foto tidak dilakukan dengan sembarangan.

Justru perlu memperhatikan beberapa hal sehingga hasil gambar menjadi lebih optimal. Agar hasil gambar berkesan, yuk simak tips menggunakan aplikasi edit foto terbaik di ponsel berikut.

Trik Menggunakan Aplikasi Pengolah Gambar

1. Pelajari Tentang Penyesuaian Lensa Dan Kamera

Sebelum terlibat dalam penyesuaian dasar, maka ada baiknya untuk mempelajari beberapa panel ARC dan lightroom. Maksudnya, sebelum membuat perubahan besar pada kontras dan warna foto, terlebih dahulu lakukan pemeriksaan panel kalibrasi pada kamera. Hal tersebut penting dilakukan agar tampilan gambar yang dihasilkan optimal. Selain itu, juga untuk membantu memudahkan ketika editing foto berlangsung.

Ketika menggunakan lensa sudut lebar, maka menggunakan penyesuaian lensa otomatis mungkin akan membuat beberapa area gambar terdorong keluar dari bingkai aplikasi. Oleh karena itu, untuk mengatasinya anda bisa mencoba fitur tab lens correction dan opsi enable lens profile correction. Dimana, fitur tersebut telah ada pada beberapa jenis aplikasi pengolah gambar.

2. Pahami Tombol Shortkey

Saat melakukan editing gambar, ada baiknya untuk menggunakan tombol shortkey. Dengan menggunakan tombol pintas tersebut akan memudahkan anda agar proses edit foto bisa berlangsung dengan cepat. Tips menggunakan aplikasi edit foto tersebut harus dipahami oleh pengguna, apalagi jika berniat untuk menjadi fotografer profesional yang memiliki jam kerja tinggi.

Bukan rahasia lagi jika mengubah dan mempercantik gambar membutuhkan waktu yang lama, apalagi bagi pemula. Bahkan untuk mengedit beberapa foto saja memerlukan waktu hingga satu jam atau mungkin lebih. Dimana, yang menjadi masalah dalam hal ini adalah alur kerjanya, baik proses membuka, mengedit dan menyimpan gambar. Oleh karena itu, penting memahami tombol shortkey sejak awal sebelum menggunakan aplikasi.

  1. Pelajari Trik Khusus Untuk Foto Pemandangan

Foto dengan tampilan pemandangan alam memang sangat menyejukkan mata. Tak hanya itu, tampilan gambar tersebut juga memiliki daya tarik tersendiri sehingga wajar bila banyak yang menyukainya. Bagi anda yang gemar mengambil foto landskap pemandangan, tak ada salahnya untuk memanfaatkan opsi HSL. Pilihan tersebut kerap ada pada jenis aplikasi edit foto tertentu, seperti Lightroom dan Adobe Camera Raw.

Dengan menggunakan fitur tersebut, maka anda bisa mengatur peningkatan kontras, misalnya saja jika anda mengambil gambar laut ataupun langit biru. Untuk menerapkan hal ini, anda tinggal memilih opsi luminance. Selanjutnya, tarik penggeser biru ke kiri atau kanan untuk menggelapkan maupun menerangkan warna langit. Dalam hal ini, anda mengaturnya sesuai dengan kebutuhan, namun usahakan untuk tidak sering menggunakan agar hasil alami.

4. Pelajari Trik Sederhana Untuk Mempercantik Gambar

Adapun tips menggunakan aplikasi edit foto lainnya yaitu pelajari terlebih dahulu trik sederhana untuk mempercantik gambar. Dalam hal ini, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk menerapkan tampilan yang lebih gaya pada foto. Dimana, untuk memulainya anda bisa mengunggah gambar pada aplikasi kemudian atur kecerahan, kontras dan saturation.

Sesuaikan tingkatan tersebut sesuai dengan kebutuhan serta keinginan, lalu lakukan pengaturan pada layer curves. Adapun langkah yang diambil adalah mengatur garis merah dengan seret ke bawah bagian tengah. Kemudian pindahkan garis biru ke atas dan naikkan sedikit bilah warna hijau. Untuk menyelesaikannya, anda bisa memilih mode soft lighting. Trik sederhana untuk mempercantik gambar ini bisa dilakukan dengan menggunakan Photoshop.

5. Mencoba Bereksperimen Untuk Pengaturan Preset

Pada aplikasi editing foto biasanya terdapat panel preset yang terletak di sebelah kiri. Agar mendapatkan hasil editan yang bagus, tak ada salahnya jika anda mencoba untuk bereksperimen dalam menemukan opsi yang cocok. Namun, perlu diingat bahwa dalam menggunakannya sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan, karena setiap gambar memerlukan perlakuan yang berbeda. Itulah tips menggunakan aplikasi edit foto dengan mudah.

Agar menghasilkan gambar yang menarik, indah dan berkesan tidak hanya membutuhkan kemampuan fotografi saja. Dalam hal ini, ketrampilan editing foto juga sangat diperlukan. Dengan menggunakan aplikasi pengolah gambar, beragam kekurangan bisa diatasi dengan baik. Beberapa tips tersebut bisa dilakukan apabila ingin mendapatkan hasil gambar yang optimal. Bahkan jika diperlukan, anda juga bisa mencoba teknik level, crop dan sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *